Mengulas Tentang 5 Jenis Perlengkapan Mendaki yang Musti Dibawa

Mengulas Tentang 5 Jenis Perlengkapan Mendaki yang Musti Dibawa

Bagi yang hobi naik gunung wajib sekali tahu apa saja perlengkapan mendaki yang musti dibawa untuk keamanan dan kenyamanan perjalanan. Kondisi pegunungan yang memang menanjak membuat pemukiman di sekitarnya terbilang minim lebih-lebih untuk fasilitas kesehatan. Maka pada saat memutuskan untuk mendaki gunung perlu membawa beberapa perlengkapan wajib, bisa dalam bentuk obat-obatan, makanan, ataupun perlengkapan yang membantu bertahan hidup di alam liar.

Merencanakan perjalanan naik gunung baiknya dilakukan beberapa pekan sebelumnya agar bisa menyiapkan perbekalan wajib tersebut. Jika ada yang belum punya masih ada waktu memesannya di situs belanja online atau mencari di toko perlengkapan outdoor terlengkap. Memang akan ada banyak perlengkapan yang musti dibawa dan tentu tidak selalu bisa disiapkan secara instan. Anda musti meluangkan waktu khusus untuk menyiapkan dan membelinya sehingga siap sedia dan kualitasnya bisa diandalkan, sehingga tidak asal tersedia saja.

Jenis Perlengkapan Wajib Saat Mendaki

Agar tidak gagap dalam mengetahui peralatan dan perlengkapan apa saja yang perlu disiapkan sebelum mendaki. Maka berikut jenis-jenis wajibnya:

  1. Sepatu gunung,

Sebelum mendaki gunung wajib sekali menyiapkan sepatu gunung jadi jangan sampai mempergunakan sepatu biasa. Sebab sepatu gunung ini dirancang melindungi kaki dari benda tajam, resiko kaki tertimpa benda berat, sampai perlindungan terhadap cuaca ekstrim. Oleh sebab itu wajib dibeli dengan teliti jangan asal membeli sepatu saja, bisa pula memilih sandal gunung yang dirancang khusus dan modelnya terbuka.

  1. Tas gunung,

Ada sepatu gunung maka ada pula tas gunung yang juga masuk perlengkapan mendaki yang wajib disediakan. Desain dari tas gunung ini biasanya memanjang untuk memastikan bisa menampung barang bawaan lebih banyak dan nyaman saat ditopang punggung. Pilih tas gunung yang memiliki kerangka supaya distribusi beban lebih merata dan melindungi tulang punggung dari resiko cedera karena membawa barang berat sepanjang pendakian. Mutu bahannya juga perlu diperhatikan supaya awet dan tidak rusak sekali pakai.

  1. Peta ataupun aplikasi GPS,

Peta juga menjadi perlengkapan yang wajib sekali dibawa saat mendaki gunung karena medan disini bisa jadi masih asli alami. Artinya belum terbentuk jalan setapak karena yang melintasinya masih sangat sedikit dan masih ada hewan liar yang hidup disana. Kemudian peta ini juga mencegah resiko tersesat sekaligus mencari jalur terbaik untuk memudahkan kegiatan mendaki sampai ke puncak. Selain peta biasa Anda juga bisa mengandalkan GPS meski sinyal di pegunungan cenderung lemah.

  1. Persediaan makanan dan minuman,

Persediaan kebutuhan konsumsi juga musti dibawa dari rumah, tidak harus berupa makanan matang sebab bisa jadi malah basi. Baiknya menyiapkan makanan kering dan memang awet misal seperti biskuit. Jika butuh sumber nutrisi lebih kompleks bisa membawa makanan instan misal mie, telur, dan ransum yang tinggal seduh air panas. Merebus air di alam liar lebih mudah ketimbang harus membuat bumbu masakan yang aneh-aneh.

  1. Perlengkapan yang serba guna,

Bagi pendaki tentu familiar dengan istilah perlengkapan serba guna yakni perlengkapan yang bisa dipakai untuk berbagai kebutuhan. Misalnya saja seperti pisau swiss yang nantinya bisa dipakai untuk membuka kemasan makanan dan minuman atau meruncingkan kayu untuk dijadikan pegangan atau tiang tenda. Selain pisau kecil juga ada senter, korek api, bahkan peluit yang serba guna untuk kondisi tertentu. Ukuran perlengkapan mendaki ini relatif kecil sehingga mudah untuk dibawa.