Kucing Anggora disukai karena bulunya yang indah. Bulu kucing Anggora sebenarnya menyesuaikan dengan keadaan musim. Salah satu ciri khasnya adalah bulu lebat di ekor yang membentuk seperti kipas. Makanan kucing Anggora sebenarnya hampir sama dengan kucing domestik lain.

Bahan Pakan Terbaik untuk Kucing Anggora

Meski sama dengan kucing domestik lain, kucing Anggora membutuhkan beberapa tambahan vitamin dan mineral agar kulit serta bulunya tetap sehat dan lebat. Beberapa bahan pakan yang dapat Anda berikan sebagai bahan utama atau pendamping adalah sebagai berikut:

1.     Daging Sapi

Kucing membutuhkan asupan protein dan lemak yang tinggi. Anda bisa mendapatkan dua nutrisi tersebut dari daging sapi. Untuk memberikan daging sapi, Anda bisa mencampurkannya dengan makanan kering olahan yang sesuai dengan kondisi kucing.

Masaklah daging sapi untuk pakan kucing terlebih dahulu yaitu dengan cara merebusnya. Lebih baik Anda tidak memberikan daging mentah karena bisa menimbulkan pertumbuhan bakteri dan bisa membuat sistem pencernaan kucing sakit.

2.     Ikan Tongkol

Untuk membuat makanan kucing Anggora, Anda bisa menggunakan ikan sebagai pendamping makanan kering yang sudah diolah khusus untuk kucing. Salah satunya adalah ikan tongkol.

Membuat pakan kucing menggunakan ikan tongkol cukup mudah. Setelah dicuci bersih, buanglah tulang ikan tongkol. Hancurkan ikan tersebut hingga lumat kemudian kukus ikan tongkol. Anda bisa mencampurkan sedikit daging ayam dan juga vitamin ke dalamnya.

3.     Daging Ayam

Daging ayam juga menjadi sumber protein tinggi untuk kucing Anda. Jika Anda ingin menggunakan daging ayam, Anda lebih baik memilih ayam kampung dibandingkan ayam peternak. Ayam kampung bertumbuh tanpa adanya bahan kimia tambahan dan seringkali makan makanan organik.

Untuk memasak daging ayam, Anda bisa menambahkan jeroan ayam sedikit sebagai aroma. Sebab, jika kucing terlalu banyak makan jeroan, maka bisa saja ada penumpukan vitamin A pada tubuh kucing dan hal ini menyebabkan metabolismenya tidak seimbang.

4.     Ikan Tuna

Selain ikan tongkol, Anda bisa menggunakan ikan tuna sebagai salah satu sumber makanan basah. Namun, sebaiknya Anda tidak memberikannya setiap hari. Berikan ikan tuna kukus dua minggu sekali pada makanan utamanya agar kucing tidak ketagihan.

Terkadang, ada pula kucing yang memiliki alergi terhadap ikan. Oleh karena itu, Anda sebaiknya tidak serta merta memberi banyak porsi terlebih dahulu dan menunggu melihat reaksi pada kucing.

5.     Keju

Kucing Anggora doyan makan keju. Produk olahan susu ini sangat baik untuk meningkatkan berat badan kucing dan juga mengandung lemak baik. Berikan keju dalam jumlah kecil sesekali sebagai tambahan pada pakannya.

Makanan kucing Anggora sebaiknya diperhatikan lebih detail karena bisa mempengaruhi kualitas hidup dan juga bulunya yang sehat. Anda juga bisa berkonsultasi pada dokter hewan terlebih dahulu untuk memberi makanan tambahan di samping makanan kering.

shares