Kolesterol sejatinya merupakan zat yang dibutuhkan untuk menjalankan fungsi tubuh dengan normal. Namun, akan menjadi berbahaya jika kadarnya di atas normal. Pasalnya, dapat menyebabkan berbagai penyakit layaknya jantung dan stroke yang mengerikan. Sehingga kolesterol harus segera diatasi salah satunya dengan buah penurun kolesterol.

Menurunkan kolesterol menggunakan buah dinilai sebagai cara yang aman karena tidak menimbulkan efek samping tertentu. Selain itu, jenis buah yang dibutuhkan juga mudah ditemukan di Indonesia. Oleh karena itu, sebelum mengonsumsi obat-obatan dari dokter, tidak ada salahnya Anda memanfaatkan buah sebagai obat untuk mengatasi kolesterol.

Buah untuk Turunkan Kolesterol

Ada beberapa buah pilihan untuk menurunkan kolesterol. Buah ini mudah ditemukan serta dijual dengan harga terjangkau. Sehingga dapat dikonsumsi secara rutin setiap harinya. Berikut daftar buah penurun kolesterol yang perlu Anda tahu.

1.     Apel

Apel tidak hanya enak untuk diolah menjadi salad buah atau jus. Pasalnya, kandungan pektin dalam apel dapat menyerap kadar kolesterol dalam tubuh sehingga menurunkan kadar kolesterol. Selain itu, apel juga mengandung polifenol yang mampu berperan sebagai antioksidan alami.

Kotoran dan kolesterol yang telah diserap oleh pectin akan dikeluarkan dalam bentuk urin dan feses. Cara konsumsi apel juga terbilang mudah karena Anda bisa mengonsumsi secara langsung atau dengan menggunakan cuka apel yang berperan penting dalam meningkatkan sensitivitas insulin.

2.     Pisang

Selain bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan, pisang ternyata juga dapat menurunkan kadar kolesterol. Pisang akan membantu menghilangkan lemak-lemak yang menumpuk di sistem pencernaan sehingga tidak berpotensi menimbulkan sumbatan pada arteri.

3.     Alpukat

Buah hijau kekuningan ini memiliki kandungan lemak tak jenuh tinggal yang sangat baik bagi kesehatan jantung. Tak hanya itu saja, alpukat juga kaya akan serat, senyawa, vitamin, dan mineral yang dapat membantu penyerapan kolesterol dalam tubuh. Selain itu, alpukat juga mampu memberikan rasa kenyang sehingga membantu menstabilkan kadar gula.

4.     Tomat

Buah merah segar satu ini juga memiliki kandungan senyawa kalium, likopen, vitamin A dan C yang bagus dalam mengurangi kadar kolesterol. Cara konsumsinya juga mudah, bisa dimakan secara langsung atau dengan dibuat jus agar mudah dicerna. Mengonsumsi secara rutin tomat minimal 60 gram setiap harinya terbukti dapat mengurangi kadar kolesterol darah.

5.     Anggur

Anggur memiliki kandungan senyawa polifenol yang merupakan antioksidan. Senyawa ini sangat baik dalam mencegah kerusakan sel dan mengontrol kadar kolesterol darah. Tak heran jika buah berwarna hitam kemerahan ini disukai banyak orang, karena selain rasanya enak, anggur juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Buah penurun kolesterol dapat dikonsumsi setiap hari secara rutin. Selain berfungsi menurunkan kolesterol, buah-buah di atas juga dapat memberikan manfaat kesehatan lainnya. Semoga ulasan di atas bermanfaat, ya.

shares