Jika Anda sedang dalam masa subur wanita, pasti Anda merasakan perubahan khusus karena adanya perubahan hormon yang terjadi. Masa subur ini terjadi saat masa ovlasi dimana sel telur telah matang dan terlepas dari ovarium yang kemudian menuju rahim. Perhitungan masa ovarium terjadi pada hari ke-13 dan ke-14 setelah menstruasi berakhir.

Ciri-Ciri Masa Subur Wanita yang Mungkin Anda Alami

Masa subur adalah masa yang tepat untuk melakukan pembuahan dan peluang berhasil sangatlah besar. Sayangnya, beberapa wanita kurang mengetahui waktu yang tepat atau kapan masa subur itu berlangsung. Dengan ciri-ciri di bawah ini, Anda bisa mengetahui apakah masa subur telah datang.

  • Meningkatnya gairah seks

Pada masa subur, biasanya gairah seks wanita lebih tinggi dibanding hari lainnya. Mereka memiliki keinginan lebih tinggi untuk melakukan hubungan seks. Tanda alami ini sering dianggap bahwa Anda telah siap melakukan reproduksi.

  • Keluarnya cairan bening, seperti putih telur

Cairan bening sering keluar saat wanita masuk pada masa subur. Cairan ini berbeda dengan keputihan karena cairan bening ini diproduksi untuk mempermudah gerakan sperma saat memasuki rahim.

  • Muncul sedikit bercak kecoklatan

Bukan hanya cairan bening, terkadang juga muncul bercak kecoklatan. Bercak ini adalah folikel telur yang melepaskan diri untuk menyambut pembuahan. Apabila keluar cairan bening yang disertai bercak kecoklatan maka bisa menjadi tanda jika Anda sedang berada dalam masa subur.

  • Rahim terasa lebih lembut dan terbuka

Pada masa subur wanita, posisi rahim biasanya akan lebih terbuka sehingga bagian vagina akan terasa lebih lembut. Vagina akan memproduksi cairan pelumas untuk menghindari rasa sakit akibat hubungan seks.

  • Payudara terasa nyeri

Beberapa wanita mungkin mengalami nyeri pada payudara akibat faktor lain, tapi hal ini bisa dijadikan tanda jika Anda memasuki masa subur. Biasanya rasa nyeri akan muncul setelah Anda mengalami menstruasi.

  • Terasa sakit pada perut bagian bawah

Saat memasuki masa subur, biasanya wanita mengalami rasa sakit pada perut, baik sebelah kanan ataupun kiri. Sakit ini biasanya hanya berlangsung dalam hitungan menit atau jam saja. Bahkan, beberapa wanita juga mengalami mual ketika masa ovulasi.

  • Perut terasa kembung

Perut yang terasa kembung tiba-tiba bisa menjadi tanda jika Anda sedang memasuki masa subur wanita. Hal ini disebabkan karena retensi air yang meningkat akibat kadar estrogen dalam tubuh juga meningkat.

  • Sakit kepala

Sakit kepala atau migren sering dialami wanita yang mendekati masa ovulasi. Meskipun hal ini terjadi pada sekitar 20% wanita, Anda tidak perlu khawatir jika merasa pusing setelah siklus haid berakhir. Perubahan hormon menjadi penyebab mengapa kita merasa pusing.

  • Mual

Masuknya wanita dalam masa ovulasi terkadang juga menyebabkan mual. Biasanya, mual akan terasa di pertengahan bulan setelah masa menstruasi berakhir. Peningkatan hormon menjadi penyebab mengapa wanita sering merasa mual sebagai gejala PMS.

Masa subur wanita penting untuk diketahui jika Anda sedang menjalani program kehamilan. Informasi lain juga bisa Anda dapatkan dari Orami sehingga impian memiliki buah hati bisa terwujud.

shares