Saat bayi mulai memasuki usia 6 bulan, memang salah satu asupan yang paling baik adalah dengan memberikan asupan ASI secara eksklusif. Dalam hal ini, setelah bayi melewati usia 6 bulan dan mulai masuk ke usia 7 bulan maka akan mulai diberikan makanan pendamping atau yang sering disebut dengan mpasi. Mpasi ini adalah salah satu makanan pendamping, yang sangat dianjurkan agar dapat memberikan asupan gizi yang disukai bayi. Mpasi ini juga akan mengajarkan anak, agar dapat mempelajari berbagai tekstur dan juga rasa yang beragam. Berikut ini adalah beberapa referensi menu mpasi 7 bulan yang dapat anda buat sendiri.

Sumber Karbohidrat

Untuk menu mpasi 7 bulan yang terbaik untuk anak anda, anda dapat memberikan makanan yang mengandung karbohidrat. Makanan yang mengandung karbohidrat ini, akan memberikan sumber energi yang akan berguna untuk tumbuh dan kembang si anak.

Anda dapat memberikan makanan yang mengandung karbohidrat dan bervariasi, seperti beras putih, beras merah, tepung maizena, kentang, telas, singkong, tepung, tapioca dan masih banyak lagi. Untuk mengolah karbohidrat ini, anda dapat menjadikannya sebagai bubur agar dapat dicerna oleh bayi anda.

Sayuran

Bukan hanya karbohidrat, namun anda juga harus memberikan beragam sayuran seperti wortel, bayam, kangkung, labu kuning, sawi hijau, tomat merah, kembang kol dan masih banyak lagi. Pastikan bahwa sayuran yang akan diberikan untuk bayi anda, mengandung kaya akan vitamin dan juga mineral. Untuk memilih sayuran untuk mpasi yang baik, pastikan bahwa menu sayuran mpasi yang masih muda dan juga produksi lokal.

Buah

Buah juga merupakan salah satu menu makanan, yang harus dikonsumsi bayi terutama dalam masa percobaan menu mpasi yang ada. Buah yang dapat anda gunakan untuk menu mpasi anda, adalah pisang, pepaya, mangga, alpukat, bengkuang, belimbing, jambu, piur, apel, dan masih banyak jenis buah lainnya.

Untuk menjadikannya sebagai menu mpasi, pastikan bahwa buah yang akan anda gunakan sudah matang dengan sempurna. Jangan lupa juga untuk tidak menggunakan buah yang masih memiliki rasa asam, anda dapat memberikannya jeruk di saat anak mulai memasuki usia 7 bulan.

Tempe

Bukan hanya untuk orang dewasa saja, namun untuk bayi yang sudah menginjak sesuai 7 bulan sudah dapat mengkonsumsi tempe. Tempe sendiri terbuat dari bahan dasar kedelai, yang mengandung protein nabati yang baik dan juga vitamin B12. Bayi juga akan sangat bagus untuk mengkonsumsi tempe, karena mengandung dengan senyawa anti diare.

Yogurt Tawar

Yogurt mengandung kalsium dan juga vitamin D, yang mana berguna untuk dapat pembentukan untuk tulang dan juga gigi. Tentunya hal ini akan sangat baik untuk tumbuh dan kembang si bayi. Untuk dapat memberikan cita rasa yang manis untuk si bayi, anda dapat menambahkannya bersama dengan buah. Namun tetap hindari untuk menambahkan pemanis tambahan seperti gula ataupun madu.

Minyak Zaitun, Minyak Kelapa dan Mentega

Menu mpasi 7 bulan yang dapat anda buat untuk bayi anda lainnya adalah, anda dapat menggunakan minyak kelapa, minyak zaitun dan juga kelapa yang mana biasanya digunakan untuk dapat menumis makanan bayi. Minyak zaitun dan kelapa ini termasuk dengan minyak jenuh, yang mana aman untuk digunakan. Tentunya minyak dan mentega ini akan sangat baik untuk si bayi.

Masih banyak menu mpasi 7 bulan yang dapat anda berikan atau buat untuk bayi anda, anda dapat memberikan anak berbagai tekstur makanan, dengan rasa yang pastinya disukai oleh bayi.

shares