Bagi pasangan yang baru saja menikah, memiliki rumah pasti menjadi salah satu list kebutuhan. Apalagi pasangan yang tidak ingin tinggal bersama orang tua dan memilih untuk hidup mandiri. Membeli rumah adalah pilihan saat anda tidak mau repot membangun dari nol. Dewasa ini, banyak orang lebih memilih untuk membeli rumah daripada membangun karena faktor waktu dan biaya.

Biasanya, orang yang ingin cepat punya rumah lebih memilih untuk membeli bangunan yang sudah jadi. Namun, saat akan membeli, ada banyak hal yang harus diperhatikan. Hal ini dilakukan agar saat membeli rumah baru anda tidak tertipu dan berakhir kecewa. Misalnya bagi anda pasangan baru yang bertempat tinggal di Bojong Gede. Awalnya anda akan bingung saat akan membeli sebuah rumah.

Cara Membeli Rumah Baru

Bagi anda yang masih bingung membeli rumah baru terutama di daerah Bojong Gede, anda bisa menyimak beberapa tips berikut ini. Beberapa tips ini bisa memberikan anda gambaran bagaimana cara memilih rumah dan membelinya secara aman dan benar. Apa saja caranya?

  1. Siapkan Uang

Satu hal yang wajib anda siapkan adalah dana. Siapkan budget minimal yang anda miliki untuk membeli sebuah rumah. Jangan sampai dana yang anda miliki dan harga rumah yang anda inginkan berbeda jauh.

  1. Mencari Agen Properti

Jika anda adalah orang yang sibuk, mencari agen properti bisa memudahkan anda saat akan membeli rumah. Anda tidak perlu lagi berkeliling untuk mencari rumah mana yang dijual. Anda hanya perlu menghubungi agen dan menjelaskan kriteria rumah yang anda cari.

  1. Mencari Referensi Lewat Internet

Selain agen, anda juga bisa mencari lewat internet. Anda bisa mencarinya lewat situs jual rumah yang ada. Misalnya untuk rumah di lokasi Bojong Gede, anda bisa menuliskan keyword rumah dijual di Bojong Gede. Dengan keyword itu, anda akan mendapatkan berbagai referensi rumah yang sedang dijual.

  1. Cari Tahu Harga Pasar

Saat akan membeli rumah, jangan lupa mencari referensi harga rumah lain. Bandingkan harga pasar antara rumah satu dan rumah lain. Jangan sampai anda tertipu dan justru membeli dengan harga yang mahal. Dengan mengetahui harga pasar, anda akan terhindar dari penipuan.

  1. Cek Lokasi

Setelah mendapatkan rumah yang pas, segera datangi lokasi dan lihat kondisinya. Cek setiap sudut rumah dan jangan sampai ada yang terlewat. Hal ini akan menjadi pertimbangan bagi anda apakah harus membelinya atau tidak. Jangan sampai anda membeli rumah tanpa melihat langsung bagaimana kondisi di sana.

Cek juga bagaimana fasilitas yang ditawarkan penjual sebelum anda membeli. Apakah sama dengan apa yang ditawarkan atau tidak. Dan apakah harga yang diberikan cocok dengan kondisi rumah yang akan dibeli. Jika sudah benar-benar yakin, baru anda boleh menyetujui pembelian.

  1. Detail dalam Pembayaran

Setelah cocok dengan rumah yang akan dibeli, putuskan bagaimana sistem pembayaran yang akan dipilih. Apakah tunai atau kredit. Jika tunai, pastikan berkas-berkas rumah diberikan secara lengkap. Jika Kredit, pastikan juga bagaimana sistem pembayaran yang disepakati. Jangan sampai ada pihak yang dirugikan dalam transaksi ini.

Dalam proses kredit pun, ada dua tipe yang bisa anda pilih, yakni cicil lewat bank maupun cicil lewat pengembang. Keduanya memiliki plus minus yang bisa anda pahami. Untuk kredit langsung pengembang, ada beberapa keuntungan yang bisa anda rasakan. Apa saja?

Tips Cicil Rumah ke Pengembang

Biasanya, orang lebih banyak memilih kredit ke bank. Padahal, ada juga kelebihan yang bisa anda rasakan jika memilih cicilan kredit rumah ke pengembang. Di antaranya sebagai berikut :

  1. Tidak Memakai bunga

Karena bukan produk bank, cicilan ke pengembang tidak akan memungut bunga. Ini karena pengembang dilarang untuk meminta bunga pada cicilan. Hal ini berbeda dari KPR atau KPA di mana bank akan meminta bunga dari kredit yang akan dicairkan.

  1. Tidak Memakai DP

Kredit melalui pengembang tidak akan menggunakan uang muka atau DP. Namun kredit lewat pengembang biasanya membutuhkan booking fee atau uang untuk membooking lokasi. Hal ini dilakukan untuk menunjukkan keseriusan anda membeli rumah dari pengembang.

  1. Hemat Biaya

Siapa sangka, kredit lewat pengembang bisa menekan biaya beli anda. Hal ini karena anda tidak akan dikenakan biaya survey, biaya provisi, dan lain-lain. Cicilan ke pengembang tidak membutuhkan biaya-biaya lain.

  1. Lebih Mudah dan Ringkas

Cepat dan tidak rumit, cicilan lewat pengembang bisa menghemat waktu anda. Ini karena transaksi jual beli antara anda dan pengembang hanya melibatkan pembeli dan pengembang saja. Tidak ada pihak lain yang masuk dalam proses transaksi ini. Itu bisa menghemat waktu serta tidak rumit dilakukan.

  1. Waktu Cicilan Bisa Diatur

Karena hanya melibatkan pembeli dan pengembang, proses transaksi ini bisa lebih fleksibel. Apalagi soal waktu cicilan. Anda bisa bernegosiasi dengan penjual atau pengembang berapa lama anda akan mencicil rumah tersebut. Anda bisa lebih fleksibel dan meminta keringanan pada pengembang sehingga proses beli rumah tidak memberatkan keluarga.

Dari ulasan di atas, para pasangan muda akan lebih mudah untuk membeli rumah masa depan. Anda hanya perlu memahami apa saja hal yang harus diperhatikan sebelum akhirnya membeli hunian baru. Misalnya saat anda akan membeli rumah di lokasi Bojong Gede. Tak hanya itu, anda juga bisa mempertimbangkan akan memakai metode bayar apa. Apakah kredit lewat bank atau pengembang.

shares