Bagi sebagian orang cara mengatasi ketiak hitam cukup sulit dilakukan. Namun tidak ada salahnya untuk mencoba dan berusaha terlebih dahulu. Cara pertama adalah dengan pergi ke salon, melakukan perawatan khusus agar ketiak hitam hilang. Namun cara ini membutuhkan dana yang cukup besar, hanya orang-orang menengah ke atas saja yang bisa mencoba cara ini.

Bagi anda yang ingin memutihkan ketiak tanpa mengeluarkan dana yang banyak, maka cara alami adalah solusi terbaik. Tetapi, sebelum anda mencoba anda harus mencari tahu terlebih dahulu penyebab dari hitamnya ketiak anda.

Ada banyak sebab seseorang mengalami ketiak yang menghitam, pertama karena menggunakan deodorant yang tidak tepat. Ketika mereka berhenti menggunakan deodorant tersebut maka warna ketiak akan berubah. Sebab kedua bisa karena Acanthonis nigricans, yaitu kondisi kesehatan yang membuat area tertentu menghitam. Bisa juga disebabkan oleh hiperpigmentasi karena kulit memproduksi melanin.

Penyebab lainnya adalah adanya infeksi bakteri sehingga menimbulkan bercak coklat kemerahan. Wanita yang sedang mengalami kehamilan juga bisa mengalami ketiak menghitam. Menggunakan pakaian yang ketat juga bisa menimbulkan ketiak menghitam, dan krim pencukur rambut ketiak juga bisa menyebabkan ketiak menghitam.

Bagi anda yang ingin mengatasi ketiak dengan dana yang terjangkau, maka cara alami adalah solusi paling tepat. Untuk menjalankan cara ini harus dilakukan dengan sungguh-sungguh. Cara ini harus dilakukan secara rutin setiap hari atau satu minggu beberapa kali.

  • Lemon

Salah satu buah-buahan yang memiliki fungsi sebagai bahan antiseptic adalah lemon. Buah ini mampu mencerahkan kulit secara alami. Cara pemakaian sangat mudah dilakukan, anda diharuskan mencampurkan dengan bubuk kunyit yoghurt tanpa rasa dan madu. Sangat dilarang menggunakan air lemon secara langsung, karena mampu menimbulkan dampak lainnya. Silahkan diamkan hingga 10 menit, kemudian bilas hingga bersih. Lakukan cara ini 3 kali seminggu.

  • Apel

Buah satu yang lezat ini ternyata bisa digunakan sebagai obat untuk memutihkan ketiak hitam. Hal ini disebabkan buah ini mengandung AHA yang bisa membunuh kuman dan bakteri. Selain itu buah apel sangat baik untuk pengelupasan kulit.

  • Kentang

Kentang digunakan sebagai bahan untuk memutihkan kulit secara alami. Kentang sangat aman digunakan karena tidak akan membuat kering dan iritasi. Cara menggunakan kentang untuk memutihkan kulit adalah dengan cara menggosok secara langsung ke area ketiak. Jangan lupa kentang di potong terlebih dahulu, bisa juga dihaluskan dengan cara diblender.

  • Mentimun

Buah mentimun biasa kita gunakan untuk lalapan, tetapi ternyata mentimun bisa juga digunakan untuk menghilangkan kulit ketiak yang hitam. Cara menggunakan mentimun sangat mudah sekali. Anda tinggal memotongnya kemudian menggosokkannya ke ketiak. Agar hasil memuaskan anda bisa menggunakannya secara bersamaan dengan jus lemon dan madu.

  • Baking Soda

Baking soda juga bisa menjadi bahan alami untuk memutihkan kulit ketiak. Caranya sangat mudah sekali, anda tinggal membuat adonan baking soda dengan air, kemudian oleskan ke kulit ketiak yang menghitam. Tunggu hingga kering lalu bilas hingga bersih.

  • Susu

Susu memiliki banyak sekali manfaat, salah satunya untuk kecantikan. Di dalam susu terkandung asam lemak dan susu yang mampu memutihkan kulit ketiak. Cara menggunakannya sangat mudah sekali. Anda tinggal mencampurkan susu dengan 1 sendok makan plain yogurt dan tepung. Oleskan ke bagian kulit ketiak yang menghitam.

Dengan menggunakan bahan-bahan alami maka anda akan terhindar dari efek samping yang berbahaya. Untuk mendapatkan hasil memuaskan pastikan lakukan cara di atas secara rutin.

shares