Berbelanja peralatan bayi baru lahir tentu menjadi hal yang menyenangkan bagi calon orang tua si jabang bayi. Namun, terkadang orang tua mengalami kebingungan untuk menentukan kebutuhan apa saja yang diperlukan oleh bayi yang baru saja lahir.

Perlengkapan bayi baru lahir yang beredar di pasaran jumlahnya sangat banyak dengan model dan corak lucu yang berbeda beda pada setiap itemnya. Tentu hal ini akan menyebabkan Kamu jadi ‘gila belanja’ dalam sekejap. Saking penginnya memiliki semua barang tersebut.

Mengesampingkan model dan corak dari perlengkapan bayi, kebutuhan bayi yang baru saja lahir sebenarnya tidak terlalu rumit, loh!

Mau tahu apa saja barang yang dibutuhkan bayi baru lahir? Yuk, simak daftarnya!

  1. Pakaian bayi

Pakaian bayi menjadi perlengkapan paling penting yang harus dimiliki oleh bayi yang baru saja lahir. Kamu bisa memilih beberapa model pakaian seperti jumpsuit atau setelan, baju lengan pendek atau lengan panjang, celana pendek atau panjang, dan model baju lainnya. Sesuaikan saja dengan kondisi lingkungannya.

Misalnya, saat siang bayi mengenakan baju dan celana pendek atau saat malam mengenakan pakaian yang panjang dan cenderung tebal.

Tapi yang perlu diperhatikan adalah bahan dari pakaian tersebut. Usahakan untuk memilih pakaian dengan bahan yang halus dan lembut demi kenyamanan buah hati Kamu.

Kamu juga bisa memilih pakaian dengan kancing di depan agar lebih mudah saat akan memakaikannya pada bayi. Selain itu, usahakan memilih celana dengan karet yang tidak terlalu ketat demi kenyamanan bayi.

Mengingat tumbuh kembang bayi yang tergolong cepat, Kamu bisa membeli pakaian dengan ukuran yang sedikit lebih besar agar bisa dikenakan lebih lama. Dan jumlahnya pun tidak perlu terlalu banyak.

  1. Aksesori pendukung pakaian

Ada hal lain yang perlu dibeli sebagai barang komplemen dari pakaian. Diantaranya adalah kaus kaki, sarung tangan, bandana, topi, dan lain sebagainya. Walaupun sebagai aksesori, barang-barang pendamping pakaian ini memiliki fungsi yang besar, loh!

Sebagai contoh, kaus kaki. Kaus kaki dapat menghangatkan kaki bayi dan melindungi kaki bayi dari serangan serangga seperti nyamuk. Selain itu, sarung tangan dapat melindungi tangan agar bayi tidak menyakiti kulit sensitifnya dengan kuku.

Sama halnya seperti pakaian, barang-barang ini juga harus memiliki bahan yang lembut. Selain untuk kenyamanan, bahan lembut dapat menghindari bayi dari iritasi pada kulit yang masih sangat sensitif dan lunak.

  1. Perlengkapan mandi

Selanjutnya adalah perlengkapan mandi. Meskipun ada banyak varian dalam perlengkapan mandi, tapi barang pokok yang menjadi kebutuhan tidak terlalu banyak. Salah satunya adalah bak mandi bayi, handuk, sabun, dan sampo bayi.

Sekarang ini sudah banyak beredar produk sabun dan sampo bayi dengan sistem top to toe yang menyajikan sabun dan sampo dalam satu produk yang sama, sehingga bisa digunakan sebagai sabun ataupun sebagai sampo bayi.

Pilihlah produk sabun dan sampo yang tidak pedas dimata dan dibuat dari bahan yang aman untuk digunakan oleh bayi.

  1. Perlengkapan penting lainnya

Selain perlengkapan diatas, ada juga perlengkapan yang tidak kalah penting perannya. Sebagai contoh, minyak telon, baby oil, diaper, perlak, tisu basah khusus bayi, pelembab bayi, bedak bayi, dan lain sebagainya.

Ada juga perlengkapan tidur seperti kasur, bantal, selimut, dan kelambu. Cobalah untuk memilih bantal yang tidak terlalu tinggi dan pasang kelambu di tempat tidur bayi agar bayi terhindar dari serangga serangga kecil yang bisa saja menyakiti bayi.

Bukan menjadi hal yang sulit untuk mempersiapkan perlengkapan bayi sendiri. Kamu bisa mulai mengumpulkan barang barang ini satu atau dua bulan sebelum melahirkan.

shares