Pindah rumah bukanlah hal yang bisa dianggap mudah. Meskipun menggunakan jasa pindahan rumah, Anda tetap perlu mempersiapkan berbagai hal agar proses tersebut berjalan lancar. Berikut ini ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan sebelum menggunakan jasa pindah rumah.

Pilih Barang yang Hendak Dibawa

Jika Anda sudah memutuskan untuk menggunakan jasa pindah rumah, hal pertama yang harus Anda persiapkan adalah barang apa saja yang hendak Anda bawa. Pasalnya banyaknya barang yang akan Anda bawa akan berpengaruh dengan biaya yang akan Anda bayarkan nantinya.

Pilihlah barang yang hendak dibawa dengan bijak. Anda bisa menjual barang yang memang sudah tidak terpakai ataupun memberikannya ke kerabat untuk mengurangi volume barang bawaan. Barang seperti tanaman, makanan ataupun barang lainnya yang sekiranya merepotkan dan tidak terlalu penting sebaiknya tidak perlu dibawa.

Barang-barang pribadi—seperti  pakaian dan perhiasan—sebaiknya  Anda bawa bersama Anda menggunakan kendaraan pribadi. Selain itu barang-barang yang sekiranya tidak memiliki nilai ekonomis dan mudah didapat juga sebaiknya tak perlu dibawa.

Buat Daftar Barang

Setelah menentukan barang apa yang akan dibawa, buatlah daftar barang-barang tersebut. daftar ini akan mempermudah Anda dalam melakukan pengecekan saat hendak berangkat ataupun ketika barang diturunkan. Hal ini dapat meminimalisir adanya barang yang tertinggal atau hilang. Buat juga daftar barang apa saja yang akan diangkut mobil pribadi dan mobil pengiriman.

Pilih Jasa Pindah

Setelah semua barang sudah siap, barulah Anda mencari jasa pindahan rumah. Selain harga, ada beberapa faktor lain yang perlu Anda perhitungkan, yaitu legalitas, fasilitas dan garansi. Pastikan penyedia jasa yang Anda pilih memiliki legalitas dan perizinan yang jelas, sehingga bisa terhindari dari penipuan.

Tanyakan juga fasilitas yang akan Anda dapatkan ketika menggunakan jasa tersebut. Umumnya jasa pengiriman sudah termasuk pengepakan, pengiriman dan penataan barang ke rumah tujuan. Namun, tidak menutup kemungkinan ada fasilitas tambahan yang ditawarkan. Tanyakan juga biaya tambahan yang mungkin dikenakan pada Anda selama proses pindah rumah.

Selain itu, pastikan penyedia jasa menyediakan garansi atau setidaknya asuransi. Hal ini penting untuk menjamin keamanan barang-barang Anda. Jadi, ketika hal-hal yang menyebabkan kerusakan selama proses pindah rumah, Anda akan mendapatkan dana ganti rugi atas kerusakan tersebut.

Buat Estimasi Biaya

Biaya jasa pindah rumah umumnya didasarkan pada volume barang dikalikan dengan biaya moving rate. Jika sudah menentukan penyedia jasa dan mendapatkan biaya moving rate, buatlah estimasi biaya sehingga Anda bisa memperkirakan biaya yang harus Anda bayarkan. Jangan lupa untuk memperhitungkan biaya tambahan yang mungkin dikenakan pada Anda.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda persiapkan sebelum menggunakan jasa pindahan rumah. Guna mempermudah Anda mencari penyedia jasa pindah rumah, Anda bisa mengunjungi laman sejasa.com. Sejasa akan membantu Anda mencari penyedia jasa di wilayah Anda dengan berbagai penawaran yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan Anda.

shares