Sepeda motor kini adalah alat transportasi yang sudah menjadi kebutuhan wajib masyarakat masa kini. Lihatlah jalan raya pada masa sekarang, tiap hari tidak ada jalan yang sepi dari lalu lalang sepeda motor karena memang hampir tiap orang memilikinya. Bagi mereka yang belum dapat memiliki sepeda motor pun, mereka dapat dengan mudah membelinya meskipun dengan cara kredit. Bagi Anda yang berminat untuk mengajukan kredit sepeda motor, tidak ada salahnya Anda menyimak informasi tentang tips ikut kredit sepeda motor supaya nantinya Anda tidak akan merasa keberatan. Informasi selengkapnya berikut ini.

Hal Wajib dalam Kredit Sepeda Motor

  1. Angsuran Motor

Membeli sepeda motor dengan cara kredit tentu saja akan membuat nasabahnya harus berpikir ulang. Memang, jika pada awalnya calon nasabah sering bersemangat saat mendapat tawaran kredit sepeda motor karena dalam benaknya ia sekarang sudah dapat seperti yang lain dapat mengendarai sepeda motor. Tetapi ketika harus membayar angsuran, ada beberapa dari nasabah yang merasa pusing dengan angsuran sepeda motor dan akhirnya sepeda motor kesayangannya pun diambil oleh pihak dealer. Makanya, agar hal seperti itu tidak terjadi, Anda wajib mempertimbangkan terlebih dahulu besarnya angsuran sepeda motor tiap bulannya dan sesuaikan pula dengan pemasukan bulanan Anda. Dengan begitu kredit motor tak akan membuat Anda pusing tujuh keliling.

  1. Dealer sepeda motor

Pada zaman sekarang begitu mudahnya Anda menemukan tempat yang menawarkan kredit sepeda motor. Sayangnya, jika Anda tidak jeli, Anda bisa saja akan merasa dirugikan oleh pihak kredit tersebut. Yang perlu Anda perhatikan adalah pilihlah dealer yang sudah terpercaya dan memiliki nama di mata masyarakat. Setidaknya dengan terkenalnya dealer di kalangan masyarakat akan memperkecil kemungkinan Anda terkena penipuan. Hal lain yang mesti Anda perhatikan, dealer yang terpercaya juga akan mempermudah sistem angsuran dan pengambilan BKPB sepeda motor sehingga Anda benar-benar akan merasa puas dengan layanan kredit yang diberikan.

  1. Syarat Kredit

Yang namanya kredit sepeda motor pastilah memberikan beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh nasabah agar kredit motor dapat berjalan dengan lancer serta motor akan cepat berada di tangan Anda. Jangan mudah tergiur dengan syarat yang terlalu mudah. Bisa jadi syarat tersebut malah akan membuat uang DP kredit sepeda motor tidak kembali alias tertipu. Biasanya, jika Anda mengajukan kredit sepeda motor, syaratnya tidak akan menyulitkan tetapi juga tidak dapat dibilang mudah. Jangan ragu untuk bertanya supaya Anda tidak merasa dibohongi. Jadi perhatikan benar syarat yang diajukan pihak dealer agar Anda tidak merasa kecewa di kemudian hari atau bahkan merasa tertipu.

  1. Denda Kredit

Karena saking senangnya dapat kredit sepeda motor, terkadang beberapa orang lupa menanyakan tentang denda yang harus dibayar ketika angsuran telat. Padahal saat Anda memutuskan untuk membeli sepeda motor dengan sistem kredit, Anda juga wajib tahu tentang denda yang harus dibayarkan pada pihak dealer agar nantinya Anda tidak merasa keberatan saat harus menunggak angsuran dan akhirnya harus juga membayar denda. Jika ditanya pastilah tidak ada orang yang mau membayar denda. Tetapi jika besok keadaan menjadi sulit dan Anda terpaksa harus menunggak angsuran, mau tidak mau Anda akan diharuskan untuk membayar denda. Jadi, ketahui dulu berapa besar dendanya agar nantinya Anda tidak kaget jikalau memang harus membayar.

  1. Jangka Waktu Kredit

Kredit sepeda motor menawarkan beberapa pilihan kredit sehingga Anda pun dapat memilih kredit yang sesuai dengan kemampuan Anda. Biasanya dealer akan menawarkan kredit sepeda motor dari jangka 1 tahun sampai 5 tahun. Tentunya saja, semakin sedikit jangka waktu yang Anda pilih, semakin besar pula angsuran yang harus Anda bayar tiap bulannya. Tetapi hal tersebut menguntungkan karena kredit yang Anda ikuti akan cepat selesai. Namun, jikalau Anda merasa terlalu berat untuk memilih kredit dengan jangka waktu yang sedikit, Anda dapat memilih jangka waktu yang panjang. Meskipun jika dihitung-hitung harga sepeda motor menjadi lebih mahal, tetapi setidaknya angsuran tiap bulan tidak akan membuat Anda merasa pusing.

Jadi, Anda benar-benar harus memastikan apakah kredit yang Anda pilih sudah sesuai dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki. Jikalau masih merasa keberatan, tak ada salahnya Anda memilih kredit sepeda motor yang sekiranya tidak akan mempersulit Anda pada jangka waktu yang lama. Semoga bermanfaat!

shares