Tips sehat ibu hamil sangat dicari oleh para ibu yang ingin memberikan hal terbaik untuk calon bayinya. Salah satu yang paling calon ibu jaga adalah kesehatan dengan cara menjaga pola dan asupan makanan. Sebab asupan nutrisi yang baik akan membantu tumbuh kembang si kecil.

Dengan makanan yang tepat dan memenuhi asupan nutrisi akan mampu membantu janin di dalam kandungan tumbuh sehat. Namun, harus selalu diingat, tidak semua makanan yang memiliki nutrisi tinggi baik untuk ibu hamil. Ada beberapa jenis makanan yang harus dihindari.

Makanan yang Harus Dihindari Ibu Hamil

Sebenarnya, ada daftar panjang makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil karena bisa mengganggu perkembangan otak bayi dalam kandungan. Agar janin terhindar dari masalah ketika di dalam kandungan, hindari makanan berikut.

1.     Ikan Bermerkuri Tinggi

Sumber protein dan omega-3 yang sangat tinggi sehingga baik untuk pertumbuhan anak adalah ikan dan hewan air lainnya. Namun, tidak semua ikan bisa dikonsumsi ibu hamil karena kandungan merkurinya. Ikan makarel raja, tuna bigeye, sirip kuning, dan ikan pedang, serta ikan hiu merupakan ikan bermerkuri tinggi dan terlarang bagi ibu hamil.

2.     Sushi

Tips sehat ibu hamil yang sering diberikan adalah tidak boleh mengonsumsi daging mentah. Oleh sebab itu, sushi dan sashimi menjadi makanan yang terlarang untuk ibu hamil. Adanya cacing parasit dalam daging seafood mentah maupun setengah matang dapat berbahaya bagi janin.

Apabila ibu ingin memakan seafood sebaiknya yang sudah benar-benar matang. Misalnya, udang harus dimasak hingga berwarna putih susu barulah boleh dikonsumsi. Untuk kerang harus dimasak hingga cangkangnya benar-benar terbuka lebar, barulah aman untuk ibu.

3.     Steak Setengah Matang

Penggemar steak apalagi yang setengah matang, harus bersabar ketika hamil, karena makanan ini terlarang untuk dikonsumsi. Alasannya karena terdapat parasit toksoplasmosis dalam daging mentah atau setengah mentah yang dapat berbahaya bagi janin.

Daging babi, ayam, bebek, kalkun, dan berbagai unggas lain merupakan makanan “haram” bagi ibu apabila tidak dimasak sempurna. Jadi, pastikan selalu mengonsumsi makanan dari daging dengan tingkat kematangan sempurna saat hamil.

4.     Hati Hewan

Banyak ibu hamil yang mengira asupan vitamin tinggi baik untuk janin, padahal tidak selalu demikian. Makanan dengan kandungan vitamin A yang terlalu tinggi justru akan berbahaya bagi janin. Salah satu makanan dengan vitamin A tinggi adalah hati dan jeroan ayam atau sapi sehingga kedua makanan ini terlarang untuk ibu hamil.

Selain makanan di atas, sebaiknya ibu juga menghindari konsumsi kafein, susu yang tidak dipasteurisasi, dan telur setengah matang, karena cukup berbahaya bagi kesehatan otak janin. Sangat baik bagi calon ibu membaca berbagai tips sehat ibu hamil untuk menambah pengetahuan sehingga bisa menghindari berbagai hal yang membahayakan kesehatan ibu dan bayi.

shares