Mata kering merupakan kondisi yang banyak dialami banyak orang dan kerap terjadi. Namun jangan menyepelekan kondisi ini, terutama bagi Anda yang memiliki potensi besar mengalami mata yang kering. Jika dibiarkan tanpa penanganan yang tepat dapat menyebabkan masalah yang serius. Guna menghindari hal tersebut pahami gejala, penyebab dan cara pencegahannya.

Penyebab Mata Menjadi Kering

Kondisi mata yang menjadi kering disebabkan oleh proses pelumasan yang kurang optimal oleh air mata. Berbagai hal dapat mempengaruhi kinerja air mata dalam melumasi mata. Secara umum penyebab masalah tersebut bisa dibedakan menjadi 3, yaitu produksi air mata yang menurun, kualitas air mata yang kurang baik dan aktivitas serta lingkungan.

Air mata merupakan cairan yang sangat penting dalam membantu menjaga kesehatan mata dan mendukung fungsi penglihatan. Kandungan bahan air mata antara lain adalah air sebagai pelembab, minyak sebagai pelumas, lendir yang berguna untuk meratakan penyebaran penglihatan dan antibodi serta berbagai protein yang mencegah terjadinya infeksi oleh kuman.

Air mata diproduksi oleh sebuah kelenjar yang berada di sekitar area mata. Menurunnya produksi air mata dapat menimbulkan mata sepet dan kering. Hal tersebut disebabkan oleh berbagai faktor seperti perubahan hormon, kondisi medis dan penggunaan obat-obatan.

Proses penuaan, menopause dan kehamilan dapat memicu perubahan hormon yang berpengaruh pada produksi air mata. Kondisi medis, seperti diabetes, lupus, gangguan tiroid, alergi, HIV dan dermatitis kontak turut berpengaruh. selain itu ada pula obat yang menurunkan produksi air mata seperti obat antihistamin, terapi hormone, antidepresan, kontrasepsi oral dan dekongestan.

Selain masalah jumlah, kualitas air mata yang dihasilkan juga berpengaruh terhadap kondisi mata yang kering. Kualitas air mata sangat dipengaruhi oleh ketersediaan bahan pembentuknya seperti asam lemak omega-3, vitamin A, protein dan air.

Aktivitas tertentu, terutama yang membutuhkan fokus visual tinggi seperti membaca, menatap layar komputer atau gawai, menulis dan berkendara dapat menyebabkan mata pegel dan kering. Ketika melakukan hal tersebut reflek berkedip akan menurun dan mata menjadi kering. Hal tersebut dikarenakan saat berkedip mata akan terangsang untuk mengeluarkan air mata.

Kondisi lingkungan yang kurang mendukung seperti ruang ber-AC, tiupan angin yang kencang dan suhu sekitar yang panas turut memperparah masalah tersebut. Hal ini disebabkan karena kondisi lingkungan tersebut dapat mempercepat penguapan air mata sehingga mata lebih mudah kering.

Gejala yang Ditimbulkan

Gejala yang umum terjadi ketika mata kekurangan air mata atau kering antara lain adalah mata menjadi perih disertai sensasi terbakar dipermukaan mata, mata menjadi merah atau meradang, mata lelah dengan cepat, gatal yang konsisten, penglihatan kabur, sensitif terhadap cahaya dan sensasi tidak nyaman seperti ada yang menggangu pada mata Anda.

Terkadang juga mata akan berair karena kering terlalu lama. Ketika terjadi kondisi seperti itu mata akan mengirimkan sinyal darurat kepada syaraf mata untuk meminta pelumas yang lebih banyak. Namun air mata tersebut dikenal juga dengan istilah air mata ‘palsu’ dan hanya sebagai penanganan sementara dan tidak cukup membantu karena hanya terbuat dari air.

Cara Penanganan

Cara penanganan yang tepat untuk mengatasi masalah mata yang kering adalah menggunakan Insto Dry Eyes. Kandungan Insto Dry Eyes diformulasikan khusus untuk mengatasi masalah mata yang kering dan sangat mirip dengan kandungan pada air mata. Insto Dry Eyes juuga memiliki kandungan antibakteri yang dapat melindungi mata Anda dari infeksi bakteri.

Berdasarkan penjelasan di atas, masalah mata yang kering bukanlah masalah yang bisa disepelekan. Sensasi mata perih yang timbul bisa mengganggu aktivitas Anda, oleh sebab itu selalu sedia Insto Dry Eyes baik untuk mengatasi mata yang kering maupun sebagai pencegahan bagi Anda yang tidak bisa menghindari berbagai faktor penyebab yang sudah dijelaskan di atas.

shares