Apa yang dimaksud repeat order? Repeat order merupakan terjadinya kegiatan pembelian yang berulang, dimana konsumen melakukan pembelian barang dengan jenis tertentu terhadap toko atau produsen yang sama. Saat konsumen sudah melakukan repeat order, maka itu bisa jadi indikasi bahwa produk maupun layanan yang dijual merupakan sesuatu yang bagus serta memuaskan. Memang tak mudah untuk membuat pelanggan mau melakukan repeat order, tapi beberapa cara ini bisa coba dilakukan untuk meningkatkan peluangnya. Peluang ini biasa terjadi pada produk jasa, misal halo jasa dengan produk nya Halo Massage Reflexology Terdekat yang bisa dipesan sekali klik pada aplikasi yang bisa diunduh pada smartphone.

Yuk bahas beberapa aspek yang dapat menjadi aspek penting agar konsumen kembali memesan layanan dari jasa / produk kita.

Beri Kejutan dan Buat Pelanggan Mengharapkannya

Semua orang suka kejutan, tak terkecuali para konsumen yang sudah loyal dalam membeli suatu produk. Memberi konsumen kejutan di dalam paketnya atau tiba-tiba memberikan konsumen voucher diskon bisa membuat konsumen merasa sangat dihargai. Saat konsumen merasa dihargai, maka apa yang dimaksud dengan repeat order tentu bisa terjadi pada bisnismu. Tak hanya melakukan repeat order, pelanggan yang puas juga akan dengan senang hati merekomendasikan produk atau jasamu kepada orang lain.

Berikan Tawaran Menarik Untuk Pembelian Berikutnya

Cara selanjutnya yang bisa membuat konsumen sangat ingin melakukan pemesanan ulang yaitu dengan memberikan tawaran menarik pada pembelian selanjutnya. Tawaran tersebut bisa berupa potongan harga, bonus menarik, cashback, gratis ongkos kirim, atau tambahan pelayanan. Tawaran menarik di pembelian selanjutnya ini akan membuat konsumen menjadi loyal serta penasaran dengan penawaran-penawaran apa yang bisa mereka dapatkan berikutnya.

Terapkan Program Poin atau Loyalty

Program poin dan loyalty, ini efektif untuk “mengikat” pelanggan agar menjadi setia, sebab mereka akan merasa mendapatkan keuntungan semakin banyak jika semakin sering memesan produk atau layanan yang sama. Program poin dan loyalty ini bisa dikombinasikan dengan program promosi konsumen, tawarkan keuntungan berlipat ganda jika konsumen berhasil mengajak orang untuk ikut membeli produk atau jasamu. Dengan beragam tawaran keuntungan ini, maka repeat order bisa kamu lihat dan dapatkan dari konsumenmu.

Lakukan Interaksi dan Kirimkan Notifikasi

Selain menawarkan berbagai keuntungan, untuk membuat konsumen bisa melakukan repeat order penyedia jasa atau layanan juga harus menjaga interaksi dengan mereka. Jadilah akrab dengan konsumen yang telah membeli produk atau jasamu beberapa kali. Jangan lupa juga untuk selalu memberikan mereka notifikasi jika terdapat produk atau penawaran baru yang bisa menarik perhatian mereka. Misalnya saja jika bisnismu bergerak di bidang layanan jasa reflexology terdekat, lakukan interaksi dan notifikasi kepada konsumen yang sudah pernah pesan layanan agar dapat mengulangi lagi pesanan nya ketika membutuhkan, maka kamu bisa membuat pelanggan merasa makin nyaman dan aman dengan menanyakan bagian tubuh mana yang membuat mereka merasa nyaman ketika disentuh serta sebaliknya.

Ciptakan Kesan Pertama yang Sempurna

Kesan pertama adalah salah satu hal yang paling menentukan apakah konsumen akan melakukan order ulang atau tidak. Jadi, sangat penting untuk membuat pembelian pertama konsumen menjadi pembelian yang mengesankan. Untuk membuat kesan pertama yang baik bisa dimulai pada pelayanan yang ramah, lalu produk atau layanan yang memukau setelahnya. Misalnya saja packaging produk yang menarik, pengiriman produk yang cepat, atau pelayan jasa yang datang tepat waktu serta bekerja dengan sigap.

shares