Selain kredit untuk hunian, beberapa bank penyedia KPR biasanya juga menyediakan kredit rumah untuk mempermudah pengusaha. Salah satu bank yang menyediakannya adalah BTN Properti yang menyediakan kredit kepemilikan rumah ataupun rukan dengan syarat yang tak ribet. Seperti apa kredit rumah BTN ini?

Apa Itu Kredit rumah BTN?

Sesuai dengan namanya, kredit KPR yang satu ini dikhususkan untuk pembelian rumah, dengan berbagai keunggulan yang dimiliki. Kredit rumah dari BTN ini memberikan plafon bebas kredit dengan jangka waktu pelunasan yang cukup panjang. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan suku bunga yang lebih kompetitif.

Tak hanya itu saja keuntungan yang bisa Anda dapat dengan memilih kredit rumah BTN. Anda juga bisa mendapatkan rumah atau tempat tinggal impian dengan proses yang lebih cepat dan mudah bila dibandingkan dengan tempat lain. Hal ini tentunya akan membantu Anda dalam wujudkan rumah imajinasimu.

Anda pun juga bisa mendapatkan perlindungan asuransi jiwa kredit dan kebakaran dari BTN. Syarat untuk mengajukan kredit rumah BTN ini tak terlalu sulit. Anda hanya harus berusia minimal 21 tahun saat mengajukan kredit atau bisa juga sudah menikah. Status Anda adalah karyawan tetap atau wirausaha ataupun seorang profesional.

Waktu kerja atau usaha Anda adalah minimal satu tahun. Sedangkan untuk usia maksimal, Anda tak boleh berusia lebih dari 65 tahun saat kredit tersebut lunas. Pemohon juga diwajibkan untuk menutup asuransi jiwa dan kebakaran dengan syarat banker clause. Tentu saja, Anda juga harus bersedia menandatangani perjanjian kredit dan APHT lebih dulu.

Jangan lupa dengan dokumen yang dibutuhkan. Untuk bisa mengajukan kredit rumah BTN ini, Anda harus menyiapkan dokumen berupa form aplikasi kredit, fotokopi KTP pemohonan, fotokopi KTP suami atau istri serta fotokopi kartu keluarga. Bila Anda sudah menikah atau bercerai, Anda juga harus mencantumkan fotokopi surat nikah atau surat cerai.

Anda pun harus melampirkan fotokopi NPWP atau SPT tahunan, fotokopi SK pengangkatan pegawai tetap untuk pegawai dan slip gaji yang asli satu bulan terakhir. Sedangkan untuk pengusaha, ia harus melampirkan fotokopi SIUP, TDP dan akta pendirian atau perubahan. Anda juga harus melampirkan data keuangan perusahaan sebagai syarat.

Tak hanya itu saja, untuk seorang profesional, Anda diharuskan untuk melampirkan fotokopi izin praktik. Semua yang mengajukan pinjaman ini harus melanjutkan fotokopi rekening koran atau tabungan 3 bulan terakhir. Jangan lupa untuk melampirkan pas foto pemohon dan pasangan.

Tips Memilih Rumah agar Kredit yang Diajukan Disetujui

Untuk bisa mendapatkan kredit rumah dari BTN, Anda diharuskan untuk memilih rumah yang potensial lebih dulu. Jadi, Anda tak bisa asal memilih rumah yang dimau sebab nantinya pihak BTN juga akan melakukan penilaian terhadap rumah tersebut.

Sangat disarankan untuk melihat bagaimana kondisi rumah tersebut lebih dulu. Jangan hanya melihatnya dari gambar yang tertera saja. Di laman BTN online, Anda memang bisa menentukan rumah mana yang dipilih hanya dengan melihat gambarnya. Anda juga bisa langsung mengajukan KPR lewat laman tersebut.

Namun, sekali lagi, sangat disarankan untuk melihatnya secara langsung. Hal ini akan membantu Anda melihat apa saja kelebihan dan kekurangan yang dimiliki rumah yang akan jadi tempat tinggal Anda. Jangan lupa juga, hadir langsung ke lokasi tempat berdirinya rumah juga bisa membuat Anda memastikan bagaimana keamanan rumah tersebut.

Ingat, keamanan rumah adalah salah satu faktor penting untuk tempat tinggal Anda. Keamanan yang dimaksud di sini adalah jaminan keamanan dari maling dan pencuri. Jangan sampai barang yang Anda simpan di rumah hilang karena ada yang mencurinya. Untuk mengetahui hal ini, tak ada salahnya Anda bertanya pada penduduk sekitar lebih dulu.

Nah, itulah sekilas mengenai kredit rumah BTN. Kredit ini bisa membantu Anda mendapatkan rumah impian untuk tempat tinggal. Namun, tentunya agar bisa berhasil dan baik untuk Anda, Anda harus bisa menemukan rumah yang tepat. Jangan asal memilih karena itu berpengaruh dengan masa depan Anda.

shares