Sebuah perusahaan membutuhkan manajemen yang terbaik agar sistemnya dapat berjalan dengan baik dalam wilayah SDM. Terlebih untuk perusahaan dengan lingkup besar akan lebih mudah untuk mengatur keuangannya. Anda bisa menggunakan software payroll terbaik dengan memilih kriteria yang terpenuhi sebagai berikut.

  1. Memenuhi Kebutuhan Perusahaan

Penting sekali untuk memilih software payroll yang kriterianya memenuhi kebutuhan perusahaan. Misalnya dari segi bisnis yang akan dijalankan payroll ini dapat mendukung. Kemudian sesuai dengan kapasitas dari jumlah karyawan. Selain itu bujet yang diperlukan sesuai dengan anggaran yang dimiliki oleh perusahaan untuk penggunaan software ini.

  1. Mudah Dipahami

Pilihlah software yang mudah dipahami, sehingga dapat dijalankan dengan tepat tanpa membuat Anda kebingungan. Anda bisa mengetahuinya dengan melihat program dari software yang digunakan. Ini bisa ditanyakan kepada pihak penyedia jasa software yang akan dipilih atau diajak bekerja sama. Mudah dipahami ini juga terlihat dari kecepatan Anda dalam menjalankannya.

  1. Selalu Update

Peraturan payroll di Indonesia kerap mengalami perubahan secara berkala, sehingga penting untuk memilih software yang memenuhi kriteria selalu update. Proses update dari software payroll ini sebaiknya memilih yang otomatis. Anda tidak perlu repot lagi mengaturnya secara manual dan tidak akan terjadi kesalahan dalam perhitungan. Bisanya yang sering mengalami perubahan adalah besaran pajak di Indonesia.

  1. Fitur yang Lengkap

Salah satu kriteria software payroll terbaik adalah memiliki fitur yang lengkap sesuai dengan kebutuhan dari perusahaan. Anda tidak perlu lagi melakukan penghitungan manual dengan karena semua fitur telah ada. Tinggal menyesuaikan persentase dan nilai yang ada untuk setiap bagiannya.

Kriteria ini sangat membantu agar Anda bisa mendapatkan hasil payroll dengan cepat. Fitur yang tersedia penting ada cek dengan detail sebelum melakukan kerja sama agar tidak mengecewakan saat sudah menggunakan software tersebut.

  1. Fleksibel

Kriteria software yang fleksibel menjadi hal yang penting. Tujuannya agar Anda selaku HRD atau pihak manajemen SDM perusahaan yang mengurus data payroll bisa melakukan penyesuaian fitur yang ada dengan kebijakan.

Perubahan bisa dilakukan sesuai dengan kebutuhan tanpa ribet dan tidak butuh waktu yang lama. Anda tinggal memilih bagian yang perlu dilakukan perubahan. Kemudian data akan kembali tersimpan dengan utuh tanpa ada yang ketinggalan atau tidak sinkron.

  1. Akurat dan Aman

Pastikan jasa penyedia software tersebut memiliki penghitungan yang akurat. Anda bisa melihatnya dari data konsumen yang sudah menggunakan jasa tersebut. Ini dapat menjadi pertimbangan dan salah satu cara untuk melihat tingkat akurat dari software payroll yang ditawarkan.

Selain akurat, penting untuk mendapatkan jaminan dari pihak penyedia jasa bahwa data akan aman tanpa mengalami kebocoran. Pastikan data tersebut dapat terkunci dan ada pengaturan hak akses yang bisa diatur sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Bahkan Anda bisa membagi hak aksesnya dengan detail.

Beberapa bagian ada yang bisa diakses oleh karyawan yang bersangkutan khusus untuk datanya saja. Bisanya software ini adalah jenis software yang dapat digunakan secara mobile. Proses masuknya menggunakan sandi tertentu yang telah diatur dengan sangat detail dan terverifikasi.

Jenis software payroll terbaik yang akan digunakan perlu memenuhi kriteria yang ada di atas agar sesuai dengan kebutuhan perusahan. Proses penghitungan gaji nantinya dapat berjalan lancar dan akurat. Sebelum menggunakan software ini sebaiknya Anda memilih karyawan yang mudah memahami. Tujuannya agar tidak terjadi kesalahan dan dapat digunakan dengan efektif.

shares