Konsumsilah jenis makanan kaya zat besi

Mencegah Penyakit Anemia Menyerang Tubuh Dengan Tips Berikut Ini

Anemia atau biasa kita sebut dengan darah rendah, merupakan suatu kondisi yang disebabkan karena tubuh kekurangan beberapa nutrisi seperti zat besi dan vitamin B12. Biasanya penderita anemia sangat mudah lelah dan juga sangat susah untuk fokus / berkonsentrasi.

Untuk mengurangi resiko terjadinya penyakit anemia, anda bisa mencoba menerapkan beberapa tips sederhana berikut ini :

  1. Konsumsilah jenis makanan kaya zat besi

Cara pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan mengkonsumsi makanan yang memiliki zat besi tinggi. karena salah satu penyebab terjadinya anemia atau darah rendah adalah kekurangan zat besi, maka mengkonsumsi makanan kaya zat besi merupakan langkah yang tepat untuk anda lakukan. Zat besi sendiri bisa anda peroleh dari beberapa jenis makanan seperti kacang-kacangan, sayuran hijau, daging merah, tahu, ikan dan lain sebagainya.

  1. Cobalah untuk mengurangi konsumsi kopi maupun teh ketika makan

Ketika anda sedang mengkonsumsi makanan, jangan biasakan menghilangkan dahaga atau rasa hausnya dengan minum kopi atau teh. Sebab hal tersebut hanya akan menghambat penyerapat nutrisi berupa zat besi yang dibutuhkan oleh tubuh. Konsumilah air putih atau jus buah saja.

  1. Konsumsi jenis makanan yang dapat mempermudah proses penyerapan zat besi

Setelah anda mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung zat besi tinggi, maka anda harus mendukungnya dengan jenis makanan lain yang mampu membantu proses penyerapan zat besi. Sebab akan menjadi sia-sia apabila anda mengkonsumsi makanan dengan kandungan zat besi tinggi namun tidak mampu diserap oleh tubuh dengan baik. Vitamin C merupakan salah satu kandungan yang dapat mempermudah penyerapan zat besi, yang bisa anda dapatkan dari beberapa jenis buah-buahan dan sayuran.

  1. Konsumsilah makanan dengan kandungan vitamin B-12 yang tinggi

Seperti yang telah saya sebutkan pada paragraf awal artikel ini, bahwa kekurangan vitamin B-12 juga merupakan salah satu penyebab terjadinya anemia atau tekanan darah rendah. Maka memenuhi asupan makanan yang mengandung vitamin B-12 tinggi sangatlah penting untuk mengatasi permasalahan anemia. Beberapa jenis makanan yang memiliki kandungan vitamin B-12 adalah telur, daging ikan, susu, ragi dan sebagainya.

Permasalahan anemia atau tekanan darah rendah yang anda alami bisa diatasi jika menerapkan cara-cara diatas dengan cara yang baik dan benar.