Saat bayi rewel atau mengalami suatu tanda, tentu sebagai orang tua akan merasa khawatir dan bisa jadi panik mengatasi hal tersebut. Sebenarnya ada beberapa gejala menunjukan adanya tumbuh dan perkembangan pada setiap bagian dari tubuh bayi. Contoh paling jelas adalah ketika proses untuk tumbuh gigi bayi dimana pastinya akan membuat orang tua cukup lelah dengan beragam gejala yang ada.

Ketika bayi akan memasuki masa tertentu, terutama dalam saat akan tumbuh gigi tersebut akan membuat beberapa tanda dan pastinya lebih rewel. Rasa tidak nyaman menjadi pemicu utama mengapa bayi bisa mengalami suatu tanda ini dan akan terjadi pada beberapa waktu saat terjadi. Walau begitu, hal yang pasti adalah munculnya berbagai macam dimana menjadi bukti bahwa gigi akan muncul dalam waktu dekat.

Jenis Gejala Akan Muncul bayi Pada Bayi

Pasti bagi orang tua terkadang tidak terlalu mengetahui beberapa tanda yang ada saat terjadi pada bayi. Karena ketika bayi terjadi rewel atau cukup mudah menangis, maka bisa juga tanda bahwa anak sedang terjadi gejala akan terkena suatu penyakit. Sebenarnya adanya suatu gejala memang hal normal dan wajar untuk kasus setiap hal dalam perkembangan dari bayi.

Berikut tanda paling jelas ketika bayi akan tumbuh gigi :

  1. Gusi terlihat bengkak

Tanda gusi membengkak memang akan sulit terlihat dan membuat orang tua juga menjadi cukup bingung saat hal tersebut terjadi. Namun, jika diperhatikan lebih dalam akan sangat jelas bahwa ketika gusi tersebut bengkak akan membuat bayi menjadi sangat kurang nyaman. Tetapi, adanya pembengkakan memang ditujukan agar membuat tumbuhnya gigi menjadi lebih siap dan terdapat ruang cukup.

  1. Sulit makan

Biasanya juga, karena ada rasa terganggu pada bagian dalam akan membuat bayi menjadi sulit untuk makan dan bisa jadi nafsu makannya turun. Suatu bentuk tanda paling jelas adalah kondisi bayi terus menerus rewel karena menolak makan dalam beberapa kesempatan. Agar lebih yakin, maka sebagai orang tua anda bisa membawa anak pada tempat dokter anak agar menjamin kondisi bahwa bayi memang sedang akan tumbuh gigi.

  1. Produk air liur berlebih

Karena berhubungan dengan tumbuhnya gigi, maka akan membuat bagian dari produksi air liur semakin banyak. Oleh karena itu, maka air liur pada bayi akan mudah menetes dan dibarengi adanya suatu ruam pada sekitar mulut, dagu, dan leher. Untuk menjaga bagian lembab tersebut, maka penting untuk orang tua agar rutin dalam membersihkan daerah tersebut menggunakan tisu steril untuk mengusapnya.

Karena beragam gejala ini, pastinya orang tua akan menjadi lebih tahu mengenai kondisi dari anak bayi. Bisa dipastikan juga bahwa bayi akan semakin rewel pada masa mendekati dan berjalannya tumbuh gigi dimana pada bagian gusi kecilnya. Maka, hal terpenting adalah untuk selalu mendampingi seluruh tanda ini agar kondisi bayi bisa lebih jelas.

shares