Untuk menghasilkan video yang terbaik, maka proses editing menjadi hal yang cukup penting untuk dilakukan. Dengan proses editing ini, kesalahan selama pengambilan video bisa diatasi dengan baik. Nah, berbincang tentang editing video, ada beberapa bagian yang perlu diperhatikan, salah satunya adalah edit suara video.

Ya, suara adalah bagian yang cukup krusial dari video di mana akan menentukan kualitas dari video tersebut. Dengan suara yang jernih dan jelas, mutu video tentu saja akan menjadi semakin bagus dan penonton nantinya akan menyukainya. Oleh karena itu, editing suara video secara terpisah menjadi penting.

Terkait editing suara video, ada beberapa software yang bisa Anda coba untuk gunakan. Beberapa software adalah software pilihan yang juga digunakan oleh kalangan profesional. Apa saja software tersebut? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

Rekomendasi Software Edit Suara Video

Sebagaimana disinggung di awal, ada beberapa software yang bisa diandalkan untuk melakukan editing suara video. Beberapa rekomendasi terkait software tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Adobe Audition

Salah satu rekomendasi software edit suara video yang bisa diandalkan adalah Adobe Audition. Ini adalah software yang cukup bisa diandalkan dan banyak pula digunakan oleh kalangan profesional. Nah, software ini bisa dicoba gratis dan ada biaya untuk berlangganan jika Anda menyukainya.

Apa yang menarik dari software ini adalah fitur yang bisa dikatakan sangat lengkap dan tentu saja sudah teruji selama bertahun-tahun. Contoh fitur yang sangat menarik dari software ini adalah multi-track editing dan juga mixing yang akan membuat mengedit audio atau suara video menjadi lebih efisien dan mudah.

  • Audacity

Audacity adalah opsi kedua dari software yang bisa diandalkan untuk melakukan editing suara video. Software ini sangat menarik dan tersedia secara gratis untuk digunakan. Meskipun software gratis, namun fitur yang tersedia di dalamnya bisa dikatakan cukup lengkap dan bisa memenuhi kebutuhan editing Anda.

Ada cukup banyak efek yang terdapat dalam software ini, seperti bass, treble, distorsi dan lainnya. Anda juga bisa menghapus noise yang ada di dalam video dengan mudah. Selain itu, Audacity ini mendukung hampir semua jenis ekstensi file audio. Dengan demikian, edit suara video akan bisa dilakukan dengan lebih leluasa.

  • Reaper

Opsi lain untuk software yang cocok guna mengedit suara video adalah Reaper. Software ini tersedia untuk semua jenis OS perangkat yang berbeda-beda. Nah, apa yang menarik dari software ini adalah Reaper termasuk software yang kuat dan juga menawarkan beragam fitur yang sangat kaya dan lengkap.

Tidak hanya itu, ada dukungan multi-channel yang tersedia untuk memudahkan proses edit suara video. Selain itu, dalam software ini juga terdapat fitur merekam audio secara langsung. Jika Anda ingin melakukan dubbing untuk memasukkan suara pada video Anda, maka fitur in tentu saja sangat membantu.

  • Ableton Live

Tersedia untuk OS Windows dan Mac, Ableton Live adalah salah satu software editing suara video yang sangat direkomendasikan. Software ini sangat menarik karena mendukung trek MIDI dan juga audio yang tidak terbatas. Artinya, Anda bisa memasukkan sebanyak apapun trek suara ke dalam software ini dan melakukan editing.

Nah, beberapa poin di atas adalah contoh dari software yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan edit suara video dengan mudah. Tentu, Anda bisa membandingkan beberapa software yang tersedia tersebut dan memilih mana software yang paling cocok dan mudah digunakan sehingga proses editing bisa diselesaikan dengan baik.

shares