Mungkin istilah picky eater masih asing di telinga Anda. Sebenarnya, maksud istilah tersebut adalah kebiasaan anak yang suka memilih-milih makanan. Si kecil cenderung menyukai makanan manis dan lezat, sehingga asupan sehat berupa sayuran kurang terpenuhi. Rasa bosan adalah penyebab lainnya. Sebelum berpengaruh pada kesehatannya, segera terapkan 4 solusi efektif ini.

  1. Mengkreasikan Menu Makanan Anak

Menu makanan anak memang harus dikreasikan demi mengatasi rasa bosan anak sebagai penyebab picky eater. Perilaku memilih-milih makanan yang dilakukan si kecil dapat diatasi secara efektif dengan memberi makanan bervariasi. Anda dapat membuat menu sehat yang bervariasi, misalnya dengan tampilan yang lebih menarik ataupun mengolahnya dengan cara berbeda.

Sebagai contoh, berikan lauk sehat berupa telur dadar dengan campuran sayuran dan setelah matang dibentuk menggunakan cetakan. Anda bisa membuat lauk kentang panggang dengan topping. Sebagai makanan penutup, hadirkan salad buah dan puding dengan cetakan menarik. Kreasi menu seperti ini mampu menarik minat anak untuk menyantap makanan sehat tersebut.

  1. Melibatkan Anak dalam Proses Memasak

Cara berikutnya untuk mengatasi perilaku anak yang pilih-pilih makanan adalah melibatkannya dalam proses memasak. Melalui keterlibatan ini, si kecil dapat berkreasi dalam memilih menu dan membuatnya.

Anda bisa menanyakan kepada si kecil makanan apa yang ingin dimakan kala itu agar ia mau makan. Setelah itu, ajaklah ia untuk membantu Anda memasak di dapur. Memasak bersama ini sekaligus menjadi cara memberikan ruang kreasi bagi anak dalam hal menyiapkan kebutuhan makanannya sendiri.

  1. Memberikan Penyajian yang Menarik

Mengacu pada rasa bosan dan kecenderungan makanan kesukaan anak yang terbatas, Anda harus melakukan penyajian makanan yang menarik agar anak tidak pilih-pilih lagi. Melalui penyajian yang menarik, si kecil bisa tertarik dengan makanannya dan mau mencicipinya. Mood-nya juga meningkat saat makan.

Cara penyajian yang spesial bisa menggunakan tempat makan yang unik, memilih tempat makan dengan warna favorit anak, ataupun menyajikan makanan di atas meja khusus anak. Penyajian yang menarik, rapi, dan sesuai kesukaannya ini akan menambah selera makan si kecil, sehingga bisa bersahabat dengan makanannya.

  1. Menciptakan Suasana Makan yang Mengasyikkan

Suasana makan yang menyenangkan juga perlu dibentuk. Jangan sampai mengabaikan hal ini karena berpengaruh pada mood anak. Usahakan anak bergembira dan menikmati makanannya dengan menciptakan suasana makan yang seru dan nyaman. Makan bersama keluarga di ruang makan yang indah atau makan bersama di taman rumah bisa menjadi pilihan yang mengasyikkan.

Itulah berbagai solusi yang dapat mengatasi perilaku picky eater. Kebiasan memilih-milih makanan karena rasa bosan dan cenderung menyukai makanan manis dan lezat tentu harus diperhatikan. Jangan sampai tidak mengatasinya karena berkaitan dengan terbatasnya asupan sehat jika anak hanya memilih makanan yang disukainya. Jadi, terapkan solusinya sebelum terlambat.

shares