Data center Google yang terkenal dengan kecanggihan sistemnya juga perlu dipelihara secara rutin dan berkelanjutan. Pemeliharaan sistem di data center mampu menunjang keoptimalan kinerja mesin. Pemeliharaan atau maintenance yang diterapkan tersebut sudah tersistem, sehingga mampu meningkatkan performa. Secara rinci, inilah beberapa tindakan dalam sistem maintenance.

  1. Pemantauan Hard Disk Server

Setiap sistem pasti membutuhkan upaya pemeliharaan. Dalam praktik pemeliharaannya, dibutuhkan sistem yang sesuai dengan kebutuhan agar berhasil meningkatkan ataupun memperbaiki performa. Dalam hal ini, layanan pusat data juga memfasilitasi upaya pemeliharaan untuk server yang ditempatkan di sana.

Maintenance dilakukan secara berkala dengan penjadwalan yang sistematis. Komponen utama pusat data adalah server. Kondisi server tersebut harus prima karena berfungi menyimpan dan mengelola data. Agar kinerjanya tetap baik, diperlukan pemantauan terhadap hard disk server yang perannya sangat penting.

Kehandalan hard disk untuk proses booting, startup, penyimpanan, serta pemakaian lainnya harus dijaga demi kelancaran lalu lintas data dari data center ke klien. Untuk itu, pemantauan harus dilakukan berkala dengan diikuti tindakan maintenance yang tepat hingga perbaikan jika terjadi gangguan atau kerusakan.

  1. Memastikan Kondisi Pendingin Ruangan

Upaya pemeliharaan berikutnya yang masuk dalam penjadwalan adalah memastikan kondisi pendingin ruangan. Kinerja server di pusat data secara terus menerus tentu saja menyebabkan suhu rak dan ruangan menjadi panas. Karenanya, diperlukan pengontrolan suhu dengan cara memberikan pendingin ruangan yang prima.

Dalam kegiatan maintenance, pastikan pendingin ruangan tetap bekerja dengan baik dalam mengontrol suhu. Hal ini sangat diperlukan demi menjaga keoptimalan kinerja server. Pemantauan terhadap sistem pendingin ini bisa dilakukan secara langsung ataupun melalui sistem.

  1. Membaca Event Log

Kegiatan maintenance berikutnya terkait dengan kondisi sistem pusat data secara keseluruhan adalah membaca event log. Selain berperan menyimpan dan mengelola data, server juga mencatat seluruh informasi pada log peristiwa, terutama yaitu rincian masalah. Dengan membaca event log secara berkala dan cermat, pasti bisa diinformasikan bagaimana sesungguhnya kondisi sistem.

Pada saat inspeksi log mengungkap masalah kronis secara berulang, itu tandanya terdapat persoalan yang harus segera ditangani. Penyelidikan proaktif dapat meninjau lebih lanjut. Ketika persoalan tersebut bisa diatasi, log server dapat memulihkan sistem. Jika tidak, maka diperlukan perbaikan oleh IT. Dalam hal ini, data center Google punya sistem deteksi yang canggih.

  1. Update Software

Update software merupakan suatu upaya pemeliharaan yang harus dilakukan demi kelancaran kinerja sistem. Dalam pusat data, terdapat berbagai software yang menunjang kinerja server yaitu software untuk menjalankan sistem ataupun berupa aplikasi pengakses suatu kebutuhan. Semua jenis perangkat lunak tersebut harus di-update agar semakin canggih.

  1. Melakukan Pemeriksaan Sistem Keamanan

Sistem keamanan sangat diperlukan untuk menjaga data agar tetap aman dan utuh. Pihak ketiga juga tidak mampu mengakses data yang bukan menjadi haknya. Sistem enkripsi dalam sistem beserta pengamanan fisik yang sudah diterapkan dalam data center harus diperiksa kehandalannya secara berkala. Jika sudah mulai melemah, maka harus diperketat dengan prosedur yang sesuai.

  1. Melakukan Evaluasi Menyeluruh

Evaluasi secara menyeluruh juga menunjang kinerja sistem pusat data Google. Setelah melakukan pemeliharaan, tentu saja terdapat hasil bagaimana kondisi sistem yang sebenarnya. Setelah mempelajari kondisi sistem terkini berdasarkan pemantauan dan pemeliharaan, tentu bisa menilai tingkat kehandalan sistem. Berikutnya, dapat dirumuskan pemeliharaan yang tepat.

Upaya pemeliharaan sangat diperlukan dalam menunjang performa sistem di pusat data. Data center Google menerapkan sistem pemeliharaan secara menyeluruh demi memberikan pelayanan prima. Jika ingin mendapatkan layanan prima di pusat data, Anda dapat menghubungi Lintasarta untuk memberikan maintenance. Prosedurnya sudah berstandardisasi dan terjamin kehandalannya.

shares