Komponen kaki-kaki pada mobil memang jadi segmen yang sangat berpengaruh pada kenyamanan ketika berkendara. Oleh karena itu, penting sekali untuk selalu melakukan pengecekan kaki-kaki mobil.

Sayangnya, banyak yang tidak mengetahui bagaimana cara memeriksa komponen kaki mobil. Padahal, bagian kaki mobil sangat perlu mendapatkan perhatian. Terlebih saat mobil sudah digunakan di jalan rusak dan berlubang, yang sangat rentan terhadap kerusakan pada bagian kaki-kaki mobil.

Agar Anda mudah memahami kondisi kaki-kaki mobil, berikut informasi tentang cara memeriksa komponen kaki mobil dengan langkah yang benar dan tepat tanpa harus ke bengkel.

Tie Rod dan Long Tie Rod (Rack End)

Kedua komponen ini adalah bagian yang memiliki fungsi untuk meneruskan gerak ke bagian roda mobil dari setir kemudi. Agar dapat memeriksanya, Anda dapat mendongkrak mobil hingga mobil terangkat untuk memudahkan Anda melakukan pengecekan.

Setelah itu, gerakan ban ke kiri dan ke kana. Jika terdapat bunyi seperti gesekan, kemungkinan besar terdapat masalah pada bagian Tie Rod.

Jika terjadi kondisi demikian, sebaiknya Anda bawa mobil ke bengkel untuk mendapatkan servis kaki-kaki mobil dengan baik.

Karet Bushing Arm

Karet bushing arm berfungsi menjaga gerak naik turunnya roda pada bagian as. Biasanya, kerusakan di bagian komponen ini akan menyebabkan adanya bunyi seperti gesekan, jika medan jalan yang dilalui mobil tidak rata atau rusak.

Agar dapat memeriksanya, mulailah dengan membelokkan atau menggerakkan bagian setir ke kiri atau ke kanan hingga mentok. Kemudian, coba teliti bagian komponen yang terbuat dari bahan karet melingkar pada sektor ujung as roda.

Jika terlihat pecahan atau retakan, berarti komponen sudah mulai rusak. Maka, sebaiknya Anda sesegera mungkin melakukan penggantian komponen yang baru. Untuk mengecek komponen ini diperlukan kecermatan. Sebab, retakan tersebut terlihat samar.

Ball Joint

Ball joint merupakan komponen kaki-kaki mobil yang memiliki tugas penting dalam mengikat, sekaligus sebagai sumbu as roda pada mobil (Lower Arm). Dengan begitu, posisi as roda mobil akan tetap berada di posisinya, walaupun mobil berbelok.

Anda tak perlu ke bengkel kaki-kaki mobil untuk mengeceknya. Cukup tekan roda ke arah bawah dan atas. Kemudian, pastikan bahwa tidak terdengar bunyi gesekan, serta ban atau roda tidak turun/naik dengan jeda yang jauh.

Bearing Roda

Kondisi yang terjadi pasa Bearing Roda ini biasanya ditentukan oleh faktor jarak tempuh atau umur mobil. Data kilometer yang tinggi akan menyebabkan komponen ini aus.

Untuk mengecek komponen ini, dongkraklah mobil dan periksa secara teliti dan cermat. Apabila komponen tersebut terasa kesat atau berderit, itu tandanya Bearing roda sudah aus dan perlu diganti.

Shockbreaker

Komponen yang satu ini memiliki peran sangat penting. Shockbreaker berperan sebagai komponen yang menahan goncangan saat mobil melewati jalan yang berlubang atau tidak rata.

Anda dapat mengetahui kondisi shockbreaker ini masih layak atau tidak dengan melakukan pengecekan. Caranya, Anda dapat melakukan test drive dengan melewati medan yang rusak, seperti jalanan yang tidak rata dan berlubang.

Saat melakukan test drive, pastikan guncangan saat melalui jalan berlubang tidak terasa keras, serta tidak terdengar bunyi yang tidak wajar atau keras. Jika terjadi demikian, perlu dilakukan servis kaki-kaki mobil.

Ban dan Velg

Kedua komponen ini juga sangat dalam menunjang gerak mobil, terlebih saat mobil berbelok di tikungan tajam. Untuk memeriksa bagian velg, Anda perlu mengecek setir mobil. Ketika mobil dikendarai dengan kecepatan tinggi, pastikan setir tidak bergetar.

Apabila saat dikendarai, bagian setir bergetar, itu merupakan indikasi kuat bahwa velg sudah tidak rata. Maka, periksa juga bentuk fisik velg tersebut. Apakah ada gelombang, penyok, atau retak pada velg. Hal ini penting agar berkendara Anda stabil dan nyaman.

Demikianlah artikel mengenai cara memeriksa komponen kaki mobil yang bisa Ansa lakukan sendiri, tanpa harus membawa mobil Anda ke bengkel kaki-kaki mobil. Namun, jika Anda khawatir tidak dapat memastikan hasil pengecekan dengan baik, maka serahkanlah kepada ahlinya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

shares