Penggunaan masker kecantikan di kalangan wanita saat ini begitu masif. Bahkan, sebagian besar wanita tak ragu untuk membeli masker wajah import dengan harga yang relatif mahal, asalkan kecantikan kulit wajahnya bisa terjaga. Padahal, besarnya biaya perawatan wajah ini bisa ditekan dengan memanfaatkan sayur sebagai masker untuk wajah. Anda bisa memanfaatkan 5 jenis sayuran ini untuk merawat kulit wajah Anda.

  1. Mentimun

Kandungan vitamin C dan K yang melimpah dalam sayur mentimun, menjadikannya cocok untuk digunakan sebagai bahan masker. Vitamin C dikenal dapat merangsang pertumbuhan sel kulit baru, sehingga bisa menggantikan sel kulit mati, yang memicu munculnya noda hitam dan kerutan. Haluskan mentimun, lalu saring untuk memisahkan pure dengan cairannya. Gunakan pure ini sebagai masker selama 15 menit.

  1. Wortel

Tak hanya untuk mata, wortel pun sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Kandungan dalam wortel dapat menangkal radikal bebas dan juga menghindarkan kulit wajah dari risiko penuaan dini. Manfaatnya ini bisa dirasakan dengan mengolah wortel menjadi masker. Haluskan wortel lalu oleskan secara merata di permukaan kulit. Untuk hasil yang lebih baik, tambahkan sedikit madu pada masker ini.

  1. Terung

Buah terung yang identik dengan warnanya yang ungu mengilap ini juga bisa menjadi opsi bahan masker wajah. Masker terung terutama sekali disarankan untuk digunakan oleh pemilik wajah kering, karena manfaatnya untuk melembapkan kulit. Terung yang telah dipotong bulat tipis diletakkan di permukaan wajah, lalu dilapisi dengan handuk steril. Setelah 15 menit, bersihkan wajah dengan air hangat.

  1. Kubis

Nutrisi yang terkandung dalam kubis, bermanfaat untuk membersihkan dan merevitalisasi kulit wajah. Selain itu, kubis juga bisa dipercaya untuk menyamarkan bekas jerawat. Untuk membuat masker kubis, Anda hanya perlu menghaluskan beberapa lembar kubis. Setelah pure kubis dipisahkan dengan cairannya, oleskan secara merata di kulit wajah Anda, lalu biarkan mengering selama 20 menit.

  1. Kale

Sedikitnya, terdapat dua zat penting dalam kale yang bermanfaat bagi kesehatan kulit, vitamin K dan lutein. Vitamin K dapat mengurangi garis hitam di bawah mata, serta mengencangkan kulit. Zat lutein terutama sekali dibutuhkan kulit untuk meningkatkan produksi kolagen. Untuk membuat masker kale pun sangat gampang, Anda hanya perlu menghaluskan kale, lalu menggunakannya sebagai masker selama 20 menit.

Tak perlu jauh-jauh membeli masker wajah, ragam sayuran yang ada di kulkas rumah Anda bisa disulap menjadi produk kecantikan tersebut. Satu hal yang pasti, masker berbahan dasar sayuran ini alami, sehingga tak akan memberikan efek buruk pada kulit wajah Anda. Dengan menggunakan masker sayuran ini secara rutin, kulit wajah akan ternutrisi dan Anda bisa terhindar dari risiko penuaan dini pada wajah.

shares