Cara mencuci mobil yang benar ternyata belum banyak diketahui oleh para pemilik mobil. Alhasil bukannya mobil tampak bersih tetapi terdapat baret diatas mobil. Hal ini tidak lain diakibatkan karena kesalahan dalam mencucinya. Tak bisa dipungkiri apabila anda memiliki mobil, anda memang harus mengetahui bagaimana melakukan perawatan pada mobil anda tersebut termasuk dalam mencuci mobil.

Dengan mengetahui bagaimana tips membersihkan mobil tersebut dengan benar, maka secara tidak langsung anda juga akan menghemat biaya pengeluaran. Ini karena anda tidak perlu membawa mobil anda ke bengkel.

Cara mencuci mobil dengan benar

Bagi anda yang baru pertama kali memiliki mobil dan ingin mencuci mobil anda, berikut ini cara mencuci mobil yang benar agar membuat mobil anda terhindar dari baret dan tetap awet kinclong.

  1. Perhatikan alat yang digunakan untuk mencuci

Cara pertama yang wajib anda ketahui adalah dengan memperhatikan bagaimana alat yang digunakan untuk mencuci mobil anda tersebut. Jangan sampai anda menggunakan alat sembarangan. Salah satu alat yang bisa anda menggunakan serta mikro seperti sarung tangan ketika akan mencuci  bodi mobil dan sarung tangan untuk mengeringkan.

Penggunaan kanebo atau spons yang memiliki busa biasa harus tidak anda gunakan. Karena bahan ini ternyata kurang efektif untuk membersihkan mobil anda

  1. Bersihkan semua area mobil bagian bawah sebelum mencuci

Sebelum anda memutuskan untuk mencuci bersih bodi mobil, maka anda harus membersihkan  bagian mobil dahulu terutama pada bagian bawah seperti roda, kolong hingga velg. Anda bisa membersihkannya dengan air terlebih dahulu.

Tetapi dalam  proses ini, anda harus berhati-hati ketika membersihkan bagian bawah mobil tersebut. Jangan sampai percikan air tersebut mengenai bodi utama mobil. Jika percikan tersebut sampai terkena bodi mobil maka bisa mengakibatkan bintik-bintik air apalagi jika anda membersihkan mobil dibawah sinar matahari.

  1. Bersihkan bagian bodi mobil

Apabila anda sudah membersihkan area bawah mobil maka selanjutnya anda bisa membersihkan bagian bodi mobil. Anda bisa membersihkan bagian atas mobil dengan menggunakan air terlebih dahulu. Anda juga harus membuang kotoran pada bodi mobil seperti debu dengan memanfaatkan serta mikro khusus.

  1. Bagaimana anda menyemprotkan air harus diperhatikan

Kebanyakan dari masyarakat tidak terlalu memperdulikan cara mencuci mobil yang benar yang satu ini. Ketika anda menyemprotkan mobil, anda juga harus memperhatikannya. Pastikan anda menggunakan air dengan tekanan yang tinggi dan miringkanlah semprotan tersebut kearah samping baik ke kanan dan kekiri.

Sebaiknya anda harus menghindari semprotan horizontal atau diarahkan langsung ke mobil. Sebaiknya anda bisa mengarahkan semprotan dari atas ke bawah. Hal ini tidak lain agar kotoran yang terdapat pada bodi mobil bisa jatuh ke bawah.

  1. Jangan menggunakan shampoo sembarangan

Perhatikan juga shampoo seperti apakah yang anda gunakan untuk mencuci mobil anda tersebut. Proses pemberian shampoo ini sendiri bisa anda lakukan apabila mobil sudah basah semua. Disini anda juga harus selektif dalam memilih produk shampoo mobil. Pastikan anda tidak menggunakan pembersih yang mempunyai kadar deterjen yang tinggi seperti sabun cuci piring.

Cobalah anda bisa mempertimbangkan untuk memilih shampoo yang memiliki kemampuan untuk menyeimbangkan Ph dari air yang digunakan. Apabila terdapat kotoran diatas mobil yang tidak kunjung hilang, sebaiknya jangan menggosoknya terlalu keras karena bisa merusak lapisan vanish.

  1. Gunakan lap yang tepat

Jika anda sudah memberikan shampoo, maka anda bisa langsung membersihkan mobil anda dengan menyemprotkan air. Saat menyemprotkan air, anda juga bisa menggunakan poin ke 4 dimana menghindari menyemprotkan air secara horizontal tetapi anda bisa menyemprotkan air atas ke bawah.

Apabila anda sudah mencuci bersih maka tinggal mengelap mobil anda tersebut. Untuk mengeringkan mobil ini, anda juga tidak boleh sembarangan dalam memilih lap tersebut. Anda bisa mempertimbangkan untuk memilih lap berupa handuk berbulu. Hindarilah penggunaan kanebo karena permukaan kasar akan merusak bodi mobil

Mencuci mobil menjadi salah satu kegiatan yang wajib dilakukan bagi para pemilik mobil agar mobil tetap bersih dan kinclong. Jika anda ingin mencuci mobil sendiri, anda bisa menggunakan cara mencuci mobil yang benar diatas.

shares