Teknik dasar sepak bola merupakan salah satu hal penting yang wajib dipahami oleh para pemain sepakbola. Hal itu dibutuhkan supaya para pemain bisa melakukan permainan dengan baik. Hal ini juga sudah bukan rahasia lagi apabila pemain yang memiliki teknik yang baik juga cenderung bisa bermain dengan baik. Berikut ini kami hadirkan beberapa teknik dasar bermainan sepakbola khusus untuk Anda semua.

Jenis-Jenis Teknik Bermain Sepak Bola

1. Menendang (Kicking)

Menendang merupakan salah satu jenis teknik permainan sepak bola yang cukup banyak digunakan. Menendang memiliki tujuan untuk mengumpan (passing) serta menembak ke arah gawang atau yang kerap dikenal dengan shooting at the goal. Teknik satu ini juga dibedakan dalam beberapa jenis.

Yaitu menendang menggunakan kaki bagian dalam, menendang menggunakan kaki bagian luar, hingga menendang menggunakan punggung kaki. Untuk menendang menggunakan kaki bagian dalam ini sebagian besar digunakan untuk jenis umpan jarak pendek. Kemudian untuk menendang menggunakan kaki bagian luar kebanyakan digunakan untuk menggumpan jarak pendek juga. Dan untuk menendang menggunakan punggung kaki ini kerap digunakan untuk menembak ke gawang, atau yang kerap dikenal dengan shooting.

2. Menghentikan Bola (Stopping)

Bisa dikatakan jenis teknik ini merupakan salah satu teknik dasar dalam permainan sepak bola yang digunakan bersamaan dengan teknik menendang bola. Menghentikan bola ini memiliki tujuan, yaitu untuk mengontrol bola. Dalam hal ini juga termasuk mengatur tempo permainan, mengalihkan laju permainan serta memudahkan untuk melakukan passing. Analisis gerakannya seperti:

  • Posisi badan segaris sesuai dengan arah datangnya bola
  • Kaki mengarah pada bola lengkap dengan lutut yang dtekuk
  • Kaki penghenti sedikit diangkat sesuai dengan permukaan bagian dalam yang dijulurkan ke depan

3. Teknik Menggiring Bola

Teknik yang ketiga ini merupakan jenis teknik menendang bola dengan putus-putus atau pelan. Dengan itu maka bagian kaki yang digunakan untuk menggiring bola akan sama dengan kaki yang digunakan untuk menendang bola. Terkait dengan hal ini menggiring bola memiliki tujuan mendekati jarak sasaran, menghambat permainan serta melewati lawan.

Itulah beberapa jenis teknik sepak bola yang wajib dikuasai oleh pemula dari www.daftarpustaka.org. Dari ketiga teknik di atas mana yang paling Anda kuasai?

shares