Sudah menjadi trend untuk mengabarkan hari bahagia kepada saudara dan rekan yang jauh menggunakan undangan digital lewat aplikasi chatting online atau pun akun media sosial. Karena berbentuk digital, maka harus memperhatikan format penyimpanannya sehingga bagian undangan seperti frame undangan pernikahan, hiasan yang digunakan, dan tulisan dapat terlihat jelas sekalipun saat diperbesar.

Kelebihan Frame Undangan Menggunakan Vector

Gambar vector memanfaatkan kombinasi antara garis dan titik yang membentuk objek dengan sangat baik. Karena kualitas gambarnya yang mantap, vector sering digunakan untuk membuat ikon, logo, font dan juga pola tertentu. File yang menggunakan gambar vector memiliki format antara lain DWG, EPS, CDR, SWF, dan AI. Berikut kelebihan menggunakan vector:

  1. Gambar yang tidak mudah pecah

Penggunaan gabungan antara garis dan titik yang mengandalkan perhitungan secara sistematis ini menjadikan gambar vector lebih solid. Selain itu, blok pada warnanya pun cukup bagus sehingga tidak blur. Kualitas gambar vector tidak ditentukan oleh resolusi gambar seperti pada gambar bitmap sehingga apabila dizoom sebesar apapun akan tetap jelas, anti blur.

Penggunaan gambar vector untuk undangan sangat direkomendasikan, baik untuk versi cetak ataupun versi digital. Namun akan lebih menguntungkan untuk versi digital karena jika dizoom tidak akan membuat kualitas gambar rusak. Selain itu, gambar vector akan membuat frame undangan, tulisan, dan ornamen tetap menarik karena mampu menampakkan warna-warna yang solid.

  1. Mengirit memori penyimpanan

Kelebihan lain dari penggunaan vector ini adalah tidak memiliki ukuran file yang besar meskipun kualitas gambarnya sangat tinggi. Berbeda halnya dengan gambar bitmap yang besaran ukuran file tergantung kualitas gambar. Dengan ukuran yang tidak besar maka akan menghemat storage. Hal itu berguna apabila harus menyimpan undangan digital dalam jumlah banyak.

  1. Kestabilan kualitas gambar yang bagus

Gambar vector tidak tergantung pada resolusi sehingga saat dibesarkan sampai melebihi batas atau pun dikecilkan pun kualitasnya tetap tinggi. Kestabilan seperti inilah yang membuat gambar vector cocok untuk undangan digital maupun desain lainnya. Selain itu, Anda juga tidak perlu membuat undangan dalam untuk berbagai versi karena vector bisa disesuaikan sesuai kebutuhan.

Gambar vector untuk membuat undangan digital menawarkan berbagai kelebihan dari segi kestabilan gambar dan ukuran file yang cenderung kecil. Hal tersebut tentu menguntungkan karena undangan digital memerlukan kualitas gambar yang tinggi agar bisa dilihat jelas secara online. Pun apabila dicetak, undangan akan tetap terlihat jelas sehingga tidak perlu membuat versi cetak tersendiri.

Frame yang menggunakan gambar vector ini cocok untuk tema undangan yang sederhana namun tetap elegan mengingat vector digunakan khusus untuk mendesain gambar yang tidak rumit namun tetap bagus dilihat. Terlebih lagi, vector sangat bagus untuk gambar ilustrasi sehingga cocok untuk menampilkan ornamen bunga, daun, atau bentuk lain yang digunakan sebagai frame undangan.

shares