Selektif dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi menjadi salah satu hal yang diwajibkan. Dimana hal itu bisa mempengaruhi kesehatan tubuh Anda, mulai dari sekarang sampai dengan beberapa tahun mendatang. Terlebih lagi seorang perempuan, yang perlu memilih makanan dengan kandungan hormon estrogen tinggi supaya dapat membuat kesuburan lebih baik. Yang disayangkan, masih ada saja perempuan yang kurang sadar akan hal tersebut. Padahal itu dapat memberikan efek kehidupan seksual yang lebih optimal. Sudah paham apa fungsi dari estrogen?

Pada dasarnya estrogen bukan hanya diperlukan untuk wanita saja, tetapi pria juga memerlukan untuk membantu kesehatan meskipun dalam jumlah yang lebih kecil. Seiring dengan perkembangan waktu, produksi pada perempuan juga mengalami penurunan. Ditambah lagi jika usia sudah memasuki lanjut atau dikenal dengan masa menopause. Supaya Anda pahami bersama, estrogen sendiri memegang peran penting seperti:

  1. Mengatur siklus menstruasi.
  2. Memproduksi hormon yang diperlukan dalam kewanitaan.
  3. Menjaga jantung, otot, tulang sampai dengan sistem reproduksi atau seksual agar tetap dalam kondisi sehat.

Nah, setelah melihat beberapa fungsi penting seperti diatas bisa dipahami sendiri seperti apa bahaya atau konsekuensinya jika tidak terpenuhi secara baik. Ya, paling tidak Anda bisa mempertahankan kondisi estrogen tersebut secara lebih baik. Supaya tetap maksimal, Anda bisa menggunakan bantuan dari beberapa jenis makanan yang dikonsumsi setiap harinya. Jangan salah, ada banyak makanan yang bisa dijadikan sebagai pilihan seperti:

  • Buah dan sayur.

Apapun masalah kesehatan pada tubuh, dua jenis makanan ini tidak pernah absen dalam makanan wajib konsumsi. Dimana setiap sayur atau buah yang terpilih pasti mengandung vitamin baik. Untuk merangsang estrogen secara lebih baik pada perempuan, bisa pilih beberapa jenis seperti brokoli, mentimun, terong, kentang, seledri sampai dengan labu yang mudah ditemukan.

  • Kacang dan biji.

Alternatif untuk meningkatkan hormon estrogen pada perempuan selanjutnya adalah dengan memilih makan makanan yang berbahan kacang atau biji. Bagi Anda yang akan mengkonsumsi jenis makanan satu ini bisa mengkombinasikan dengan produk lain seperti kandungan vitamin dan mineral yang cukup banyak. Misalnya saja untuk jenis gandum, beras, oatmeal dan masih banyak pilihan lain.

  • Buah kering dan kedelai.

Tahukah Anda jika kedelai itu merupakan sumber penting dari fitoestrogen, dimana ada beberapa pilihan yang berasal dari kedelai seperti yogurt, tempe, tahu dan beberapa lainnya. Untuk buah kering juga mempunyai fungsi yang sama, Anda bisa pilih jenis almond atau hazelnut.

Diatas merupakan beberapa pilihan makanan yang bisa Anda konsumsi secara baik untuk membuat hormon yang dibutuhkan untuk kesuburan itu tercukupi. Tetapi bukan sampai disitu saja, usaha lain bisa Anda lakukan pula seperti melakukan latihan aerobik, tidur yang cukup atau minimal 6 jam baiknya lebih, selalu mengkonsumsi suplemen, dan beberapa hal lainnya. Bila semua usaha tersebut sudah Anda lakukan, bukan tidak mungkin tubuh lebih sehat, kesuburan lebih baik dan tentunya tidak mengalami berbagai masalah.

Kesuburan pada pria dan wanita itu sangat penting, apalagi bagi mereka yang sudah menikah dan ingin mendapatkan keturunan dengan segera. Banyak usaha yang bisa dilakukan untuk sampai dengan hal tersebut, salah satunya seperti yang dikatakan diatas. Dimana hormon estrogen mempunyai peran sangat penting terhadap kesuburan reproduksi, terutama itu pada perempuan. Makanya supaya kehamilan yang sudah direncanakan berjalan dengan baik, cepat dan lancar tidak ada salahnya melakukan beberapa langkah diatas.

shares