Di ujung masa usia produktif, banyak orang sering kali terlambat buat mengantisipasi masa pensiun mereka. Minimnya kesadaran di hari tua dapat menyebabkan berbagai hal yang kurang baik, seperti tidak adanya ketersediaan jaminan di hari tua, tidak punya jaminan pensiun, dan sebagainya. Sebelum terlambat dan bergabunglah dengan asurani jiwa yang tepat dan terpercaya buat jaminan dihari tua.Tetapi beberapa dari Anda mungkin juga mengalami kesulitan mengenai bagaimana memilih asuransi jiwa terbaik yang tepat.

Berikut beberapa hal pertimbangan yang dapat Andalaksanakan sebelum menentukan dan memilih asuransi jiwa buatAnda dan keluarga Anda. Asuransi merupakan alah satu perjanjian jangka panjang. Oleh karena itu, kredibilitas suatu perusahaan asuransi yangAnda pilih, juga menjadi hal yang sangat penting perannya. Pilihlah salah satu perusahaan asuransi yang tidak bermasalah dalam hal pengelolaan keuangannya.Memonitor perkembangan dan kinerja atau pengelolannya salah satu cara yang dapat dilakukan.

Pastikan terlebih dahulu apakah perusahaan asuransi yangAnda pilih tersebut tidak bermasalah. Anda bisa melihat dari segi laporan keuangannya melalui surat kabar, atau media massa lainnnya. Lihat peringkat serta ratingnya perusahan asuransi tersebut. Maka dari itu, kenali dengan baik dan teliti mengenai seluk beluk perusahaan yang akan Anda pilih, jangan terburu-buru mengambil keputusan.

Lakukan Lima Hal ini Sejak Muda buatJaminan Hari Tua Anda.

  1. Berinvestasi

Investasi adalah cara yang cerdas buat mengantisipasi hal tersebut. Banyak jenis investasi yang aman dan bisa Anda lakukan sejak usia muda mulai reksa dana, deposito, emas dan P2P lending seperti KlikCair. Sejak muda, persiapkan diri buat fokus menyongsong masa pensiun dengan investasi dan perencanaan keuangan yang matang. Jangan sampai sisa usia justru dihabiskan dengan kecemasan tentang problem keuangan karena abai berinvestasi.

  1. Memiliki Properti

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan sejak muda buat jaminan hari tua adalah berusaha memiliki properti atau rumah milik sendiri. Bukan rumah kontrakan atau rumah keluarga yang bukan hak milik Anda. Mulai berinvestasilah buat kebutuhan pokok tersebut sejak usia muda agar Anda bisa menjalani hari tua dengan lebih terjamin, nyaman, dan sejahtera.

  1. Punya Tabungan Pensiun

Salah satu hal penting yang harus Anda persiapkan adalah tabungan pensiun. Setiap perusahaan biasanya memiliki dana pensiun buat para karyawannya dengan skema pemotongan gaji per bulan, yakni melalui program Jaminan Hari Tua (JHT) dari BPJS Ketenagakerjaan. Idealnya, iuran JHT ditetapkan sebesar 5,7% dari upah karyawan. Perusahaan menanggung 3,7%, sedangkan sisa 2% dibayar sendiri oleh karyawan melalui pemotongan gaji.

  1. Siapkan Dana Darurat

Dana darurat juga perlu Anda perhatikan. Pikirkan betapa pentingnya alokasi buat kebutuhan yang satu ini bila sewaktu-waktu Anda atau keluarga Anda sakit, mengalami kecelakaan, atau lainnya. Sisihkan dana buat keperluan darurat ini setiap bulan dengan rutin. Simpanlah di rekening tersendiri dan terpisah dari rekening utama yang menjadi tempat penyimpanan anggaran keuangan sehari-hari.

  1. Proteksi Diri

Buat bisa sukses dan punya jaminan di usia tua, Anda perlu memproteksi diri dengan asuransi selagi muda. Selain tabungan dan investasi, asuransi adalah instrumen yang perlu Anda miliki. Pilihlah asuransi  yang sesuai dengan kemampuan finansial dan kebutuhan keluarga Anda di masa depan. Jangan korbankan kesejahteraan di hari tua dan lakukan persiapan sedini mungkin.Salah satu jenis asuransi yang wajib Anda miliki adalah asuransi kesehatan. Tak perlu bingung memilih produk asuransi, Anda bisa menggunakan BPJS Kesehatan. Bagi yang sudah bekerja, biasanya pihak kantor akan mendaftarkan Anda.

Itulah lima hal yang sebaiknya Anda lakukan sejak muda agar hari tua Anda terjamin. Selain itu, Anda juga harus berinvestasi dalam kesehatan karena biasanya tubuh saat usia tua akan lebih rentan terkena penyakit.

shares