Tipes atau demam tifoid adalah salah satu penyakit yang cukup sering dialami orang Indonesia. Penyakit ini bisa menyerang anak-anak maupun dewasa. Sebelum terkena penyakit ini, biasanya si penderita mengalami beberapa gejala terlebih dahulu. Saat daya tahan tubuh menurun akibat lelah, tubuh bisa terkena infeksi. Namun perlu diingat, infeksi terjadi bukan hanya karena kelelahan, melainkan juga harus ada kuman yang masuk, itupun masih tergantung jumlah dan keganasan kuman itu sendiri.

Tipes termasuk penyakit yang mudah menular dan bisa membahayakan nyawa jika tidak ditangani dengan cepat. Tak hanya melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi bakteri S.Typhi, penyakit ini juga bisa disebabkan melalui kontak langsung dengan orang yang terinfeksi. Maka itu, kenali gejala tipes sejak dini untuk pemcegahan yang lebih baik.

Apa saja gejala tipes?

  • Demam tinggi lebih dari 3 hari

Tak semua demam tinggi adalah gejala tipes. Tapi jika demam tinggi tersebut sudah berlangsung lebih dari 3 hari ada baiknya segera memeriksakan diri ke dokter. Bisa jadi demam tersebut adalah gejala tipes. Demam pada penderita tipes biasanya mulai meninggi di sore hingga malam hari. Sementara ketika hari mulai pagi, demam akan mereda untuk beberapa jam.

  • Nyeri sendi

Demam yang menyerang penderita tipes biasanya disertai dengan nyeri sendi yang parah. Nyeri sendi tersebut akan membuat penderita tak bisa beraktivitas dengan normal. Nyeri sendi ini baru akan mereda seiring dengan meredanya demam.

  • Muncul rasa tak nyaman di bagian perut

Mengingat sakit tipes masuk ke tubuh manusia melalui makanan maka tak heran jika penyakit ini akan menyebabkan masalah di area pencernaan. Biasanya penderita akan merasakan sensasi tak nyaman di bagian perut. Pada beberapa kasus rasa tak nyaman itu kemudian menimbulkan rasa mual dan ingin muntah.

  • Sakit kepala akut

Sakit kepala terutama akan terasa di kepala bagian belakang. Sakit kepala yang menyerang penderita tipes memang mirip dengan gejala DBD. Oleh karena itulah diperlukan cek lab untuk memastikannya.

Setelah mengetahui apa yang menjadi penyebab tipes, maka tak sulit untuk mencari tahu bagaimana cara mencegahnya. Cara paling utama adalah dengan menjaga kebersihan mulai dari kebersihan diri, kebersihan makanan, hingga kebersihan lingkungan sekitar. Jika sudah terkena penyakit tipes, segera cari tahu obat apa yang sesuai dengan Anda, bisa berupa obat tipes tradisional atau kalau sudah merasa parah, Anda bisa pergi ke dokter untuk melakukan perawatan lebih lanjut.

shares